Sinopsis Buku: Buku ini membahas metode pembelajaran kooperatif tipe *Jigsaw* dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Metode *Jigsaw* merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang memanfaatkan kerja sama antar siswa untuk memecahkan masalah atau mempelajari materi secara kolaboratif. Buku ini menyajikan pendekatan sistematis dalam penerapan metode *Jigsaw*, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Buku ini juga mencakup hasil pengamatan, refleksi, dan pembahasan terhadap hasil tindakan selama siklus pembelajaran. Dalam bab pembahasan, penulis menguraikan proses pembelajaran yang dilakukan, termasuk aktivitas belajar, prestasi belajar, serta refleksi guru dan siswa. Selain itu, buku ini menjelaskan tujuan pendidikan nasional yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas SDM. Buku ini sangat relevan bagi para guru dan calon guru, khususnya yang mengajar mata pelajaran IPS, sebagai referensi dalam merancang dan menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan inovatif. Dengan pendekatan *Jigsaw*, pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, dan mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Penulis juga menyertakan daftar pustaka, profil penulis, serta gambar-gambar yang mendukung penjelasan metode pembelajaran *Jigsaw* dalam konteks pembelajaran IPS. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tujuan pendidikan nasional.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas metode pembelajaran kooperatif tipe *Jigsaw* dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Metode *Jigsaw* merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang memanfaatkan kerja sama antar siswa untuk memecahkan masalah atau mempelajari materi secara kolaboratif. Buku ini menyajikan pendekatan sistematis dalam penerapan metode *Jigsaw*, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Buku ini juga mencakup hasil pengamatan, refleksi, dan pembahasan terhadap hasil tindakan selama siklus pembelajaran. Dalam bab pembahasan, penulis menguraikan proses pembelajaran yang dilakukan, termasuk aktivitas belajar, prestasi belajar, serta refleksi guru dan siswa. Selain itu, buku ini menjelaskan tujuan pendidikan nasional yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas SDM. Buku ini sangat relevan bagi para guru dan calon guru, khususnya yang mengajar mata pelajaran IPS, sebagai referensi dalam merancang dan menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan inovatif. Dengan pendekatan *Jigsaw*, pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, dan mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Penulis juga menyertakan daftar pustaka, profil penulis, serta gambar-gambar yang mendukung penjelasan metode pembelajaran *Jigsaw* dalam konteks pembelajaran IPS. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tujuan pendidikan nasional.
Jumlah Halaman | 86 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-217-556-3 |
eISBN |