Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap tentang penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Buku ini dirancang untuk membimbing guru dan siswa dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi eksperimen secara sistematis dan efektif. Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu: 1. Bab I: Metode Eksperimen Bab ini menjelaskan pengertian, tujuan, langkah-langkah, kelebihan, kekurangan, dan manfaat dari metode eksperimen dalam pembelajaran IPA. Bagian ini memberikan dasar teoritis yang diperlukan untuk memahami bagaimana metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep ilmiah. 2. Bab II: Media Eksperimen Bab ini membahas berbagai alat dan bahan yang digunakan dalam eksperimen, termasuk mikroskop, kaca benda, kaca penutup, termometer alkohol, termometer badan, higrometer, lakmus, gelas kimia, pipet tetes, kertas saring, tabung reaksi, penjepit tabung reaksi, kaca pembesar, cawan petri, jala serangga, dan lumpang serta alu. Penjelasan tentang fungsi dan penggunaan masing-masing alat serta bahan ini membantu pembaca dalam mempersiapkan eksperimen secara tepat. 3. Bab III: Penerapan Metode Eksperimen Dalam PBM Bab ini memberikan contoh penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA melalui delapan eksperimen yang relevan, yaitu: - Eksperimen 1: Gejala Alam Biotik dan Abiotik - Eks yang membahas cara mengamati ciri-ciri makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup, organisasi kehidupan, uji makanan, uji karbondioksida, tekanan darah, fotosintesis, dan sistem pernapasan. Eksperimen-eksperimen ini dirancang untuk memfasilitasi pemahaman siswa tentang konsep-konsep IPA melalui pengalaman langsung dan observasi. 4. Daftar Pustaka dan Profil Penulis Buku ini juga dilengkapi dengan daftar pustaka untuk mendukung referensi akademik, serta profil penulis yang memberikan informasi tentang latar belakang dan kompetensi penulis dalam bidang pendidikan IPA. Dengan struktur yang terorganisir dan penjelasan yang jelas, buku ini menjadi sumber yang sangat berharga bagi guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui pendekatan eksperimental.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap tentang penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Buku ini dirancang untuk membimbing guru dan siswa dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi eksperimen secara sistematis dan efektif. Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu: 1. Bab I: Metode Eksperimen Bab ini menjelaskan pengertian, tujuan, langkah-langkah, kelebihan, kekurangan, dan manfaat dari metode eksperimen dalam pembelajaran IPA. Bagian ini memberikan dasar teoritis yang diperlukan untuk memahami bagaimana metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep ilmiah. 2. Bab II: Media Eksperimen Bab ini membahas berbagai alat dan bahan yang digunakan dalam eksperimen, termasuk mikroskop, kaca benda, kaca penutup, termometer alkohol, termometer badan, higrometer, lakmus, gelas kimia, pipet tetes, kertas saring, tabung reaksi, penjepit tabung reaksi, kaca pembesar, cawan petri, jala serangga, dan lumpang serta alu. Penjelasan tentang fungsi dan penggunaan masing-masing alat serta bahan ini membantu pembaca dalam mempersiapkan eksperimen secara tepat. 3. Bab III: Penerapan Metode Eksperimen Dalam PBM Bab ini memberikan contoh penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA melalui delapan eksperimen yang relevan, yaitu: - Eksperimen 1: Gejala Alam Biotik dan Abiotik - Eks yang membahas cara mengamati ciri-ciri makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup, organisasi kehidupan, uji makanan, uji karbondioksida, tekanan darah, fotosintesis, dan sistem pernapasan. Eksperimen-eksperimen ini dirancang untuk memfasilitasi pemahaman siswa tentang konsep-konsep IPA melalui pengalaman langsung dan observasi. 4. Daftar Pustaka dan Profil Penulis Buku ini juga dilengkapi dengan daftar pustaka untuk mendukung referensi akademik, serta profil penulis yang memberikan informasi tentang latar belakang dan kompetensi penulis dalam bidang pendidikan IPA. Dengan struktur yang terorganisir dan penjelasan yang jelas, buku ini menjadi sumber yang sangat berharga bagi guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui pendekatan eksperimental.
Jumlah Halaman | 86 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-217-446-7 |
eISBN |