Sinopsis Buku: Buku ini membahas metode pengajaran calistung (membaca, menulis, dan berhitung) pada anak usia dini, yang menjadi topik kontroversial dalam dunia pendidikan. Buku ini bertujuan memberikan solusi terhadap polemik yang terjadi seputar pembelajaran calistung di tingkat PAUD. Dalam buku ini, dibahas berbagai pandangan dari para ahli, seperti Jean Piaget yang menolak pembelajaran calistung sebelum usia 7 tahun karena anak usia dini belum mampu berpikir secara operasional konkret. Di sisi lain, ada pendapat yang mendukung pengajaran calistung dengan pendekatan bermain kelompok dan individu agar anak merasa nyaman dan aman dalam belajar. Buku ini juga menjelaskan pentingnya pendidikan anak usia dini yang tidak hanya fokus pada kecerdasan intelektual, tetapi juga pada pengembangan potensi anak secara holistik. Dalam konteks ini, pembelajaran calistung diusulkan dilakukan dengan metode yang menarik dan menyenangkan, sehingga anak tidak merasa tertekan namun justru tertarik untuk belajar. Buku ini juga menyampaikan harapan agar para pendidik, orang tua, dan pemerhati pendidikan dapat memahami pentingnya pendekatan yang tepat dalam mengajar calistung di usia dini, sehingga anak tidak hanya siap secara akademik, tetapi juga secara psikologis dan sosial saat memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas metode pengajaran calistung (membaca, menulis, dan berhitung) pada anak usia dini, yang menjadi topik kontroversial dalam dunia pendidikan. Buku ini bertujuan memberikan solusi terhadap polemik yang terjadi seputar pembelajaran calistung di tingkat PAUD. Dalam buku ini, dibahas berbagai pandangan dari para ahli, seperti Jean Piaget yang menolak pembelajaran calistung sebelum usia 7 tahun karena anak usia dini belum mampu berpikir secara operasional konkret. Di sisi lain, ada pendapat yang mendukung pengajaran calistung dengan pendekatan bermain kelompok dan individu agar anak merasa nyaman dan aman dalam belajar. Buku ini juga menjelaskan pentingnya pendidikan anak usia dini yang tidak hanya fokus pada kecerdasan intelektual, tetapi juga pada pengembangan potensi anak secara holistik. Dalam konteks ini, pembelajaran calistung diusulkan dilakukan dengan metode yang menarik dan menyenangkan, sehingga anak tidak merasa tertekan namun justru tertarik untuk belajar. Buku ini juga menyampaikan harapan agar para pendidik, orang tua, dan pemerhati pendidikan dapat memahami pentingnya pendekatan yang tepat dalam mengajar calistung di usia dini, sehingga anak tidak hanya siap secara akademik, tetapi juga secara psikologis dan sosial saat memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut.
Jumlah Halaman | 80 |
---|---|
Kategori | Novel |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-215-670-8 |
eISBN |