Logo Bacabuku
Metode Bermain Peran Inklusif Gender Pada Anak Usia Dini

Metode Bermain Peran Inklusif Gender Pada Anak Usia Dini

Rina Roudhotul Jannah,S.Pd.I.,M.Pd.; Dr. Sukiman, M.Pd.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Singkat Buku “Metode Bermain Peran Inklusif Gender Pada Anak Usia Dini” Buku ini membahas tentang pentingnya pendidikan inklusif gender dalam konteks pembelajaran anak usia dini. Penulis menjelaskan bahwa anak usia 0–6 tahun memiliki kemampuan otak dan daya serap yang sangat tinggi, sehingga menjadi masa yang tepat untuk mewujudkan internalisasi wawasan dan konstruksi pengetahuan inklusif gender. Buku ini bertujuan memberikan panduan praktis bagi para guru, praktisi pendidikan, dan pihak terkait dalam mengembangkan metode bermain peran yang variatif dan berbasis gender di lembaga PAUD. Buku ini juga mengacu pada upaya pemerintah dalam mewujudkan kesetaraan pendidikan melalui Inpres Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam pendidikan. Selain itu, buku ini menekankan pentingnya pendidikan untuk semua (Education for All), yang menjadi acuan dalam pengembangan pendidikan anak sejak dini. Pembahasan dalam buku ini mencakup latar belakang masalah pembelajaran bermain peran inklusif gender pada anak usia dini, serta langkah-langkah pengembangan metode tersebut. Buku ini juga menyampaikan pentingnya kesadaran akan kesetaraan gender dalam tatanan kehidupan yang selama ini didominasi oleh laki-laki, berdasarkan penelitian dan pemikiran para tokoh seperti Simone de Beauvoir dan Collins. Buku ini disusun untuk menjadi acuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini dengan pendekatan inklusif gender.

Sinopsis ebook

Pengenalan wawasan inklusif gender pada anak usia dini memerlukan banyak keterlibatan dan renovasi komponen dalam lembaga PAUD untuk menciptakan PAUD berkesetaraan salah satunya adalah pengembangan dalam metode pembelajaran yang menjadi sebuah proses pemberian nilai nilai inklusif gender pada anak Pembelajaran menggunakan metode bermain peran menjadi metode yang efektif untuk mengenalkan keadaan sosial kehidupan nyata inklusif gender melalui peran peran yang dimainkan pada anak anak Dalam hal ini pengembangan metode bermain peran melingkupi ruang lingkup di antaranya pengembangan pada wawasan pendidik sebagai centre pada PAUD alat permainan materi dan refleksi internalisasi nilai nilai inklusif gender pada pendidik anak anak Penulisan buku metode bermain peran inklusif gender pada anak usia dini memiliki tujuan sebagai berikut 1 Aspek Nilai Nilai Inklusif Gender bertujuan untuk memberikan wawasan nilai nilai inklusif gender pada pendidik dan anak didik 2 Aspek Tumbuh Kembang Anak bertujuan untuk a pengenalan nilai nilai inklusif gender sesuai dengan usia anak 5 6 tahun b penemuan passion anak sesuai bakat dan minat baik laki laki maupun perempuan sebagai bekal pengembangan diri dan c penemuan hobi dan kesukaan anak anak baik laki laki maupun perempuan sebagai bekal pengembangan diri 3 Aspek Sosial Emosional Anak bertujuan untuk a meningkatkan rasa percaya diri b meningkatkan toleransi pada sesama dan c meningkatkan kemampuan bersosialisasi Buku ini terdiri dari empat bab Bab pertama membahas tentang problem pembelajaran bermain peran inklusif gender pada anak usia dini Bab kedua membahas tentang pembelajaran konstruktif pada anak usia dini Bab ketiga membahas mengenai metode bermain peran inklusif gender pada anak usia dini Bab keempat membahas tentang langkah pengembangan metode bermain peran inklusif gender pada anak usia dini

Detail Buku

Jumlah Halaman 200
Kategori Pendidikan Anak Usia Dini( PAUD )
Penerbit Gava Media
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-5568-39-8
eISBN 978-602-5568-19-3
Metode Bermain Peran Inklusif Gender Pada Anak Usia Dini

Metode Bermain Peran Inklusif Gender Pada Anak Usia Dini

Rina Roudhotul Jannah,S.Pd.I.,M.Pd.; Dr. Sukiman, M.Pd.