Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep *merdeka belajar* sebagai filosofi pendidikan yang mendasar dalam upaya mencapai tujuan jangka panjang pendidikan Indonesia. Konsep ini bukanlah sesuatu yang baru, melainkan merupakan warisan pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD), yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Kemerdekaan dalam pendidikan dianggap sebagai tujuan dan paradigma yang perlu dipahami oleh semua pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan. *Merdeka belajar* menekankan pentingnya ruang yang luas dan bebas bagi peserta didik untuk mengolah pengetahuan, mengembangkan kemampuan, dan mengekspresikan diri secara kritis dan kreatif. Buku ini menjelaskan bahwa *merdeka belajar* tidak hanya terbatas pada satu kebijakan pendidikan, melainkan seharusnya menjadi dasar dalam penyusunan kebijakan pendidikan di tingkat nasional maupun dalam konteks mikro seperti kehidupan keluarga. Konsep ini relevan dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini, sebagaimana disampaikan oleh KHD dalam konsep *Budi Pekerti*, yang menekankan pentingnya nilai-nilai moral dan etika dalam kehidupan belajar. Selain itu, buku ini juga menyajikan berbagai perspektif mengenai *merdeka belajar*, seperti strategi konseling dan psikoterapi dalam konteks merdeka belajar, pendidikan anak usia dini di era merdeka belajar, spiritualitas dalam merdeka belajar, serta refleksi dan penerapan merdeka belajar dalam berbagai bidang keilmuan. Buku ini bertujuan untuk membantu pembaca menemukan wawasan baru dan makna mendalam tentang konsep *merdeka belajar* sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di Indonesia.
Pada hakikatnya merdeka belajar dapat dimaknai sebagai filosofi yang fundamental dari suatu proses untuk mencapai tujuan jangka panjang pendidikan Indonesia Walaupun demikian merdeka belajar bukanlah sebuah visi yang baru dalam pendidikan Indonesia Ki
Jumlah Halaman | 170 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-02-4165-9 |