Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep merdeka belajar sebagai filosofi pendidikan yang menjadi kebutuhan utama dalam konteks pendidikan Indonesia saat ini. Merdeka belajar dijelaskan sebagai suatu paradigma yang tidak hanya menjadi tujuan pendidikan, tetapi juga sebagai prinsip yang harus diimplementasikan dalam seluruh aspek kebijakan pendidikan, baik di tingkat nasional maupun dalam konteks mikro seperti kehidupan keluarga. Konsep ini sangat relevan dengan visi Ki Hadjar Dewantara (KHD), Bapak Pendidikan Indonesia, yang menekankan pentingnya kemerdekaan sebagai tujuan dan prinsip pendidikan. Buku ini menjelaskan bahwa merdeka belajar tidak hanya terbatas pada satu kebijakan, tetapi harus menjadi landasan bagi seluruh proses pembelajaran dan pengambilan keputusan dalam kehidupan peserta didik. Dalam konteks pembelajaran, merdeka belajar memberikan ruang yang luas dan bebas bagi peserta didik untuk mengolah pengetahuan, mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengalaman belajar secara mandiri. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk berfikir kritis, kreatif, mengatasi konflik, memecahkan masalah, serta mengambil keputusan secara mandiri. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bahwa merdeka belajar bukan hanya sekadar konsep yang positif, tetapi juga merupakan kebutuhan aktual dalam konteks pendidikan modern yang menekankan penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Buku ini memberikan wawasan baru dan makna yang mendalam tentang pentingnya merdeka belajar dalam membangun individu-individu yang mandiri, kreatif, dan berdaya saing.
Pada hakikatnya merdeka belajar dapat dimaknai sebagai filosofi yang fundamental dari suatu proses untuk mencapai tujuan jangka panjang pendidikan Indonesia Walaupun demikian merdeka belajar bukanlah sebuah visi yang baru dalam pendidikan Indonesia Ki
Jumlah Halaman | 168 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-02-4164-2 |