Sinopsis Buku: Buku ini membahas isu kebijakan pendidikan dalam konteks *Merdeka Belajar*, yang merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan yang lebih inklusif, fleksibel, dan berorientasi pada pembelajaran abad ke-21. Buku ini juga menggali konsep *Guru Penggerak* sebagai agen perubahan yang mampu mengintegrasikan pengetahuan pedagogi, materi ajar, dan teknologi dalam desain pembelajaran yang inovatif. Dalam buku ini, penulis menjelaskan paradigma pembelajaran abad ke-21 yang menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif melalui pendekatan *TPACK Framework*. Buku ini juga menyajikan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis *TPACK*, serta panduan dalam penilaian berbasis *TPACK* dan pengembangan soal *HOTS* (Higher Order Thinking Skills) yang relevan dengan Kurikulum 2013. Selain itu, buku ini menyajikan refleksi filosofi pendidikan anak tangga yang menekankan pada penguatan literasi, kemandirian, dan pemberdayaan peserta didik. Buku ini ditulis oleh para guru Kabupaten Berau yang memiliki gagasan inovatif dan kompetensi tinggi, serta merupakan bukti nyata bahwa guru adalah penggerak utama dalam transformasi pendidikan menuju era *Merdeka Belajar*. Buku ini sangat relevan bagi para guru, dosen, dan semua pemangku kepentingan pendidikan yang ingin meningkatkan kemampuan profesional, mendorong inovasi, dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan nasional.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas isu kebijakan pendidikan dalam konteks *Merdeka Belajar*, yang merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan yang lebih inklusif, fleksibel, dan berorientasi pada pembelajaran abad ke-21. Buku ini juga menggali konsep *Guru Penggerak* sebagai agen perubahan yang mampu mengintegrasikan pengetahuan pedagogi, materi ajar, dan teknologi dalam desain pembelajaran yang inovatif. Dalam buku ini, penulis menjelaskan paradigma pembelajaran abad ke-21 yang menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif melalui pendekatan *TPACK Framework*. Buku ini juga menyajikan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis *TPACK*, serta panduan dalam penilaian berbasis *TPACK* dan pengembangan soal *HOTS* (Higher Order Thinking Skills) yang relevan dengan Kurikulum 2013. Selain itu, buku ini menyajikan refleksi filosofi pendidikan anak tangga yang menekankan pada penguatan literasi, kemandirian, dan pemberdayaan peserta didik. Buku ini ditulis oleh para guru Kabupaten Berau yang memiliki gagasan inovatif dan kompetensi tinggi, serta merupakan bukti nyata bahwa guru adalah penggerak utama dalam transformasi pendidikan menuju era *Merdeka Belajar*. Buku ini sangat relevan bagi para guru, dosen, dan semua pemangku kepentingan pendidikan yang ingin meningkatkan kemampuan profesional, mendorong inovasi, dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan nasional.
Jumlah Halaman | 86 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-272-736-6 |
eISBN |