Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan implementasi Merdeka Belajar dalam sistem pendidikan di Indonesia, terutama dalam konteks Kampus Merdeka (MBKM). Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang kebijakan pendidikan yang bertujuan menghasilkan manusia utuh, seimbang antara aspek rohani, intelektual, dan keterampilan. Dalam buku ini, pembaca akan memperoleh penjelasan tentang pentingnya kemerdakaan dan kemandirian dalam belajar, serta bagaimana kebijakan tersebut diimplementasikan dalam berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Selain itu, buku ini juga membahas komponen-komponen utama dari Merdeka Belajar, termasuk kurikulum, guru penggerak, sekolah penggerak, dan asesmen kompetensi minimum (AKM). Seluruh bab disusun secara terstruktur dan didukung oleh penjelasan yang jelas, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami visi dan misi dari kebijakan pendidikan yang saat ini sedang dijalankan oleh pemerintah. Buku ini juga menyoroti pentingnya kemandirian akademik bagi mahasiswa, termasuk kebijakan Satuan Kredit Semester (SKS) yang memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan secara multidisiplin. Buku ini sangat relevan bagi para guru, dosen, mahasiswa, dan pemangku kepentingan pendidikan yang ingin memahami dan menerapkan prinsip Merdeka Belajar dalam kehidupan pendidikan sehari-hari. Dengan pendekatan yang akademis dan praktis, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Merdeka belajar merupakan upaya memberi kebebasan dan otonomi pada lembaga pendidikan serta merdeka dari birokratisasi Guru dan dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit serta mahasiswa diberi kan kebebasan untuk memilih bidang yang mereka suka Dalam hal ini kurikulum yang adaptif dan inovatif sangat diperlukan
Jumlah Halaman | 186 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-329-629-8 |
eISBN | proses |