Sinopsis Buku: Buku ini menggambarkan upaya pembentukan karakter siswa melalui Gerakan Saberling, yang merupakan inisiatif pendidikan berbasis lingkungan dan pembelajaran aktif. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang membahas berbagai aspek penting dalam pendidikan, seperti keikhlasan guru, penerapan aturan, pengembangan jiwa *entrepreneurship* siswa, serta kegiatan praktis seperti diskusi, presentasi, dan bermain TTS. Selain itu, buku ini juga menyajikan pengalaman nyata para guru dalam melakukan perjalanan backpacker dari Singapura ke Kuala Lumpur, serta refleksi tentang dampak penggunaan gadget terhadap anak-anak. Buku ini juga meliputi berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti kunjungan ke tempat wisata, museum, dan lokasi penelitian, yang bertujuan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Dengan berbagai gambar dan contoh nyata, buku ini memberikan gambaran konkret bagaimana pendidikan dapat menjadi sarana untuk menumbuhkan karakter siswa secara holistik, baik secara akademik maupun moral. Buku ini sangat relevan bagi para guru, pengambil kebijakan pendidikan, dan orang tua yang ingin memahami dan menerapkan pendekatan pendidikan yang lebih manusiawi dan berbasis lingkungan.
Sinopsis Buku: Buku ini menggambarkan upaya pembentukan karakter siswa melalui Gerakan Saberling, yang merupakan inisiatif pendidikan berbasis lingkungan dan pembelajaran aktif. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang membahas berbagai aspek penting dalam pendidikan, seperti keikhlasan guru, penerapan aturan, pengembangan jiwa *entrepreneurship* siswa, serta kegiatan praktis seperti diskusi, presentasi, dan bermain TTS. Selain itu, buku ini juga menyajikan pengalaman nyata para guru dalam melakukan perjalanan backpacker dari Singapura ke Kuala Lumpur, serta refleksi tentang dampak penggunaan gadget terhadap anak-anak. Buku ini juga meliputi berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti kunjungan ke tempat wisata, museum, dan lokasi penelitian, yang bertujuan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Dengan berbagai gambar dan contoh nyata, buku ini memberikan gambaran konkret bagaimana pendidikan dapat menjadi sarana untuk menumbuhkan karakter siswa secara holistik, baik secara akademik maupun moral. Buku ini sangat relevan bagi para guru, pengambil kebijakan pendidikan, dan orang tua yang ingin memahami dan menerapkan pendekatan pendidikan yang lebih manusiawi dan berbasis lingkungan.
Jumlah Halaman | 84 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-468-699-4 |
eISBN |