Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang pembelajaran menulis di Sekolah Dasar, dengan fokus pada dua bentuk wacana utama, yaitu wacana deskripsi dan narasi. Buku ini dirancang sebagai referensi bagi calon dan pengajar guru SD, serta mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Buku ini membahas konsep, karakteristik, unsur, serta teknik penulisan dalam wacana deskripsi dan narasi yang relevan dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran di tingkat SD. Pada bagian awal, buku ini menjelaskan hakikat pendidikan dasar, belajar, dan pembelajaran, sebagai dasar pemahaman terhadap proses pembelajaran menulis. Selanjutnya, buku ini menjelaskan prinsip-prinsip pengajaran menulis di SD, serta pembelajaran menulis yang berorientasi pada peningkatan kemampuan siswa dalam menyusun tulisan yang jelas, terstruktur, dan sesuai dengan standar kurikulum. Buku ini juga menyajikan penjelasan tentang penilaian dalam pembelajaran menulis, termasuk tujuan, prinsip, bentuk, dan ranah penilaian yang digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Dengan berbagai contoh dan kegiatan penulisan, buku ini memberikan panduan praktis dan terstruktur bagi pengguna dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran menulis yang efektif dan menyenangkan di Sekolah Dasar. Buku ini sangat relevan bagi pengembangan kompetensi guru dalam bidang penulisan dan pembelajaran menulis, serta menjadi acuan dalam penyusunan kurikulum dan pembelajaran di tingkat SD.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang pembelajaran menulis di Sekolah Dasar, dengan fokus pada dua bentuk wacana utama, yaitu wacana deskripsi dan narasi. Buku ini dirancang sebagai referensi bagi calon dan pengajar guru SD, serta mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Buku ini membahas konsep, karakteristik, unsur, serta teknik penulisan dalam wacana deskripsi dan narasi yang relevan dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran di tingkat SD. Pada bagian awal, buku ini menjelaskan hakikat pendidikan dasar, belajar, dan pembelajaran, sebagai dasar pemahaman terhadap proses pembelajaran menulis. Selanjutnya, buku ini menjelaskan prinsip-prinsip pengajaran menulis di SD, serta pembelajaran menulis yang berorientasi pada peningkatan kemampuan siswa dalam menyusun tulisan yang jelas, terstruktur, dan sesuai dengan standar kurikulum. Buku ini juga menyajikan penjelasan tentang penilaian dalam pembelajaran menulis, termasuk tujuan, prinsip, bentuk, dan ranah penilaian yang digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Dengan berbagai contoh dan kegiatan penulisan, buku ini memberikan panduan praktis dan terstruktur bagi pengguna dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran menulis yang efektif dan menyenangkan di Sekolah Dasar. Buku ini sangat relevan bagi pengembangan kompetensi guru dalam bidang penulisan dan pembelajaran menulis, serta menjadi acuan dalam penyusunan kurikulum dan pembelajaran di tingkat SD.
Jumlah Halaman | 158 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Ilmu |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-979-3931-45-6 |
eISBN |