Sinopsis Buku: Buku *Menuju Pembelajaran Berkualitas* ini merupakan panduan komprehensif yang dirancang untuk membantu pendidik, peserta didik, pengelola pendidikan, serta praktisi pendidikan dalam mengembangkan dan melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas. Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam dunia pendidikan, mulai dari konsep dasar belajar dan pembelajaran, tujuan pembelajaran dan pendidikan, faktor-faktor yang memengaruhi proses belajar, hingga strategi dan media pembelajaran yang efektif. Dalam bagian pertama, buku ini menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, serta prinsip-prinsip belajar yang menjadi dasar dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif. Bagian kedua membahas tujuan pembelajaran dan pendidikan, termasuk perspektif tokoh-tokoh Islam terhadap tujuan belajar dan pendidikan. Bagian ketiga mengupas faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan peserta didik, baik secara intelektual, emosional, maupun spiritual, berdasarkan berbagai aliran pemikiran. Bagian keempat berfokus pada strategi dan media pembelajaran yang relevan serta pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat. Buku ini juga membahas berbagai aspek seperti kesulitan belajar, motivasi, minat belajar, prestasi, dan evaluasi pembelajaran. Semua materi ini disusun secara terstruktur dan jelas, dengan harapan dapat menjadi pedoman praktis dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, efisien, dan berkelanjutan. Dengan memahami konsep-konsep yang disampaikan dalam buku ini, para pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif, serta meningkatkan kualitas pembelajaran bagi peserta didik.
Buku ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi pendi dik peserta didik pengelola pendidikan maupun praktisi pendi dikan untuk menambah khasanah keilmuan di bidang pendidikan khususnya dalam pembelajaran Buku ini penting untuk dibaca dan diaplikasikan oleh pendidik yang terlibat langsung dengan peserta didik dalam proses pembelajaran Dalam buku ini dibahas secara komprehensif tentang hal hal yang berkaitan dengan proses pem belajaran mulai dari penyajian hakikat belajar dan pembelajaran tujuan pembelajaran strategi dan media pembelajaran mengenali vi kesulitan belajar dan faktor faktor yang memengaruhi pembela jaran motivasi dan minat belajar prestasi dan evaluasi pembe lajaran serta teori belajar yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas
Jumlah Halaman | 104 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-7743-41-5 |
eISBN | proses |