Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis dan komprehensif bagi para guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam menghadapi tantangan dan dinamika dunia pendidikan zaman now. Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam layanan Bimbingan dan Konseling yang relevan dengan kebutuhan siswa di era digital, termasuk penggunaan teknologi seperti konseling online, pemahaman istilah-istilah populer yang digunakan anak muda, serta strategi untuk membangun hubungan yang efektif antara guru BK dengan siswanya. Dalam buku ini, penulis menjelaskan pentingnya *need assessment* (identifikasi kebutuhan) sebelum menyajikan layanan Bimbingan dan Konseling, serta bagaimana menyesuaikan layanan tersebut dengan kebutuhan individu siswa atau kelompok. Selain itu, buku ini juga membahas beberapa bentuk layanan Bimbingan dan Konseling yang bisa diterapkan, seperti konseling kelompok dan konseling klasikal. Buku ini juga memberikan wawasan tentang perubahan yang harus dihadapi oleh guru BK dalam mengikuti perkembangan zaman, termasuk bagaimana membangun koneksi dengan siswa melalui pendekatan yang lebih modern dan relevan. Selain itu, buku ini menyajikan beberapa contoh praktis dan pengalaman penulis dalam menjalani peran sebagai guru BK, yang bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi para pendidik. Dengan pendekatan yang santai namun mendalam, buku ini membantu pembaca memahami bahwa peran guru BK tidak hanya sekadar memberikan arahan, tetapi juga sebagai sahabat yang bisa dipercaya dalam proses tumbuh kembang siswa.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis dan komprehensif bagi para guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam menghadapi tantangan dan dinamika dunia pendidikan zaman now. Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam layanan Bimbingan dan Konseling yang relevan dengan kebutuhan siswa di era digital, termasuk penggunaan teknologi seperti konseling online, pemahaman istilah-istilah populer yang digunakan anak muda, serta strategi untuk membangun hubungan yang efektif antara guru BK dengan siswanya. Dalam buku ini, penulis menjelaskan pentingnya *need assessment* (identifikasi kebutuhan) sebelum menyajikan layanan Bimbingan dan Konseling, serta bagaimana menyesuaikan layanan tersebut dengan kebutuhan individu siswa atau kelompok. Selain itu, buku ini juga membahas beberapa bentuk layanan Bimbingan dan Konseling yang bisa diterapkan, seperti konseling kelompok dan konseling klasikal. Buku ini juga memberikan wawasan tentang perubahan yang harus dihadapi oleh guru BK dalam mengikuti perkembangan zaman, termasuk bagaimana membangun koneksi dengan siswa melalui pendekatan yang lebih modern dan relevan. Selain itu, buku ini menyajikan beberapa contoh praktis dan pengalaman penulis dalam menjalani peran sebagai guru BK, yang bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi para pendidik. Dengan pendekatan yang santai namun mendalam, buku ini membantu pembaca memahami bahwa peran guru BK tidak hanya sekadar memberikan arahan, tetapi juga sebagai sahabat yang bisa dipercaya dalam proses tumbuh kembang siswa.
Jumlah Halaman | 110 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-478-003-6 |
eISBN |