Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya literasi dalam konteks kualitas pendidikan dan keterampilan membaca masyarakat Indonesia. Melalui hasil survei tahun 2016 yang menempatkan Indonesia di bawah negara-negara ASEAN dalam hal literasi, buku ini menggambarkan tantangan dan peluang yang ada. Hasil survei tersebut bisa menjadi *bad news* jika pemerintah dan masyarakat tidak meresponsnya secara serius, karena literasi sering dikaitkan dengan kualitas pendidikan suatu negara. Sebaliknya, hasil survei juga bisa menjadi *good news* jika direspons dengan inisiatif positif, seperti program pengiriman buku gratis, gerakan literasi sekolah, dan pengembangan e-book yang dirancang khusus untuk akses melalui smartphone. Buku ini juga menyajikan upaya-upaya yang sedang dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, organisasi pegiat literasi, dan perusahaan, untuk meningkatkan minat baca dan literasi nasional. Dalam era digital, akses bacaan melalui smartphone semakin dominan, sehingga penting untuk menyediakan konten yang sesuai dengan media digital. Buku ini juga menyoroti peran e-book dalam memudahkan akses masyarakat terhadap sumber bacaan, dengan berbagai kategori yang menarik, seperti kesehatan, pendidikan, budaya, dan hiburan. Selain itu, buku ini juga menyebutkan undang-undang hak cipta yang menjadi landasan perlindungan terhadap karya-karya yang disajikan dalam bentuk digital. Dengan demikian, buku ini tidak hanya memberikan gambaran tentang pentingnya literasi, tetapi juga menggambarkan upaya-upaya konkret yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan akses terhadap bacaan di Indonesia.
Barangkali Anda ingin mengemasnya dalam sebuah liburan nan komplet Meluncurlah ke arah Utara temukan lingkungan nan alami Daerah yang layak menjadi sasaran adalah Buleleng Tak terlalu sulit untuk mencapainya Ada shuttle bus yang berangkat setiap hari dari Kuta langsung ke Lovina Buleleng via Ubud
Jumlah Halaman | 54 |
---|---|
Kategori | Pariwisata - Tata Boga - Tata Busana |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-05-1005-2 |