Sinopsis: Buku ini membahas tantangan dan kunci sukses dalam proses pendidikan, khususnya dalam mentransfer ilmu pengetahuan secara efektif di kelas. Penulis menjelaskan bahwa pendidikan tidak hanya tentang metode atau konsep yang digunakan, tetapi juga tentang niat (nawaitu) pendidik dalam mengajar dan belajar. Dalam konteks pendidikan Indonesia, yang lahir dari perjuangan umat Islam, pendidikan harus memiliki orientasi yang sesuai dengan tujuan Islam. Buku ini tidak hanya menjelaskan konsep pendidikan secara umum, tetapi lebih menitikberatkan pada penyebab stagnasi dan penurunan kualitas pendidikan di Indonesia. Penulis mengungkap tiga masalah utama yang menghambat berkembangnya pendidikan, yaitu: (1) metode atau konsep pembelajaran yang tidak tepat, (2) orientasi atau niat pendidik dalam mengajar, dan (3) kurangnya jiwa pedagogis pada sebagian pendidik. Dengan mengadopsi metode dan konsep belajar dari Imam Al-Ghazali, buku ini memberikan panduan praktis bagi para pendidik, baik dosen, guru, teungku, maupun ustad, dalam meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar dan mencapai tujuan pendidikan secara optimal. Buku ini merupakan hasil refleksi dan pengalaman penulis yang telah lama berkecimpung dalam dunia pendidikan, serta merupakan upaya untuk memperbaiki praktik pendidikan yang masih mengalami kendala. Semoga buku ini menjadi inspirasi dan panduan bagi semua yang terlibat dalam dunia pendidikan, agar mampu menghadirkan pendidikan yang bermakna, bermutu, dan berorientasi pada tujuan kehidupan yang lebih baik.
Terdapat tiga persoalan utama sebenarnya dalam rangka memajukan dunia pendidikan Pertama persoalan metode atau konsep Kedua orientasi niat sipendidik dalam mengajar Ketiga tidak semua pendidik memiliki jiwa pedagogis Ketiga hal ini akan dijelaskan lebih lanjut dalam kaya kecil ini Buku yang berada di tangan Anda ini bukanlah diktum yang tidak perlu dikritisi bukan pula karya yang maha sempurna tetapi setidaknya perlu diperhatikan dan dicoba implementasikan karena bukan hanya Penulis sendiri relatif lama menjadi pendidik tetapi buku ini juga merupakan sebuah kesimpulan kontemplatif terhadap fenomena empiris terutama dalam dunia pendidikanan sich Semoga karya ini berguna bagi kita semua terutama bagi yang berprofesi guru ustad dosen dan sebagainya yang memposisikan diri sebagai educator muallim
Jumlah Halaman | 96 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | PeNA |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-1620-74-8 |
eISBN | 978-602-1620-82-3 |