Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis dan komprehensif bagi para kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional. Dalam buku ini, dijelaskan berbagai aspek penting terkait pendidikan, mulai dari hakikat pendidikan, tanggung jawab kepala sekolah, hingga kecendrungan dan dinamika pendidikan yang terjadi di masyarakat. Selain itu, buku ini juga membahas tentang karakteristik kepala sekolah yang ideal, termasuk standar dan ciri kepala sekolah yang mampu menginspirasi guru dan siswa. Buku ini mengupas secara mendalam tentang visi dan misi sekolah, pengembangan kurikulum, pembangunan lingkungan belajar yang kondusif, serta revitalisasi forum musyawarah guru. Selain itu, buku ini juga membahas pentingnya supervisi pendidikan, termasuk supervisi klinis dan supervisi pembelajaran, serta faktor penunjang kinerja guru. Penulis juga menjelaskan penilaian kinerja kepala sekolah berdasarkan PUSBANGTENDIK DIKBUD, termasuk aspek kepribadian, sosial, kepemimpinan pembelajaran, pengembangan sekolah, manajemen sumber daya, dan kewirausahaan. Buku ini bertujuan untuk memberikan tambahan wawasan dan panduan bagi kepala sekolah agar mampu menjalankan peran dan tugasnya secara lebih baik, sekaligus memberikan alternative dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul di dunia pendidikan. Dengan memahami dan menerapkan konsep-konsep yang disampaikan dalam buku ini, diharapkan kepala sekolah mampu menjadi pemimpin yang profesional, inovatif, dan berkompeten dalam membangun lingkungan belajar yang berkualitas.
Pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam UU No 20 Tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan ahlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara Pendidikan memang berkaitan erat dengan perubahan kelakuan dan perkembangan anak didik Pendidikan juga merupakan proses transmisi pengetahuan sikap perilaku kepercayaan keterampilan dan aspek aspek kelakuan lainnya kepada generasi muda Keberhasilan pelaksanaan pendidikan di sekolah bukan semata mata ditentukan oleh ketekunan para siswa untuk belajar namun juga ditentukan oleh faktor yang lain salah satunya yakni kepala sekolah Sesuai dengan peran dan fungsinya kepala sekolah bukan saja diharapkan akan menjadi dinamisator dan fasilitator namun juga harus mampu memerankan dirinya sebagai referensi hidup bagi komunitas sekolah Untuk mampu memerankan fungsi tugasnya guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah harus memenuhi berbagai persyaratan sebagaimana yang diatur dalam Permendiknas No 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah Guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah harus sehat jasmani dan rohani berpegang pada tujuan yang ingin dicapai bersemangat cakap dalam memberikan bimbingan cepat dan bijaksana dalam mengambil keputusan jujur cerdas serta cakap dalam hal mengajar dan menaruh kepercayaan yang baik dan berusaha untuk mencapainya Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan menegaskan Kepala sekolah harus memiliki 6 Kompetensi yang mencakup kompetensi kepribadian sosial kompetensi kepemimpinan pembelajaran kompetensi pengembangan sekolah madrasah kompetensi manajemen sumber daya kompetensi kewirausahaan serkompetensi supervisi pembelajaran Buku ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan kepada kepala sekolah agar mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya dalam rangka mencapai 6 kompetensi tersebut Dalam buku ini diulas berbagai permasalahan yang harus dihadapi oleh kepala sekolah dan sekaligus diberikan alternative yang bisa diambil untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul
Jumlah Halaman | 178 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-602-280-702-5 |
eISBN |