Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang konsep dan fungsi guru dalam sistem pendidikan, khususnya dalam konteks pendidikan Islam. Dalam BAGIAN 1, buku ini memperkenalkan hakikat guru sebagai anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab besar dalam proses pendidikan. Guru tidak hanya bertugas mengajar, tetapi juga menjadi teladan dan model bagi siswa. Dalam BAGIAN 2, dibahas tentang tantangan dan permasalahan yang dihadapi oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya, termasuk dalam menjaga integritas dan kualitas pendidikan. BAGIAN 3 dan BAGIAN 4 menjelaskan kompetensi kepribadian guru serta peran guru sebagai model perilaku yang mampu membentuk karakter siswa. BAGIAN 5 menggambarkan peran guru dalam menghadapi realitas pendidikan yang kompleks, sementara BAGIAN 6 dan BAGIAN 7 membahas tentang penyakit jiwa yang dapat menghambat keberhasilan pendidikan dan pentingnya tazkiyah al nafs (pensucian jiwa) sebagai upaya untuk memperbaiki diri secara spiritual dan moral. Dalam BAGIAN 8 dan BAGIAN 9, buku ini menjelaskan berbagai sarana pensucian jiwa dan interpretasi ayat-ayat Al-Qur’an yang terkait dengan tazkiyah al nafs dari perspektif Ibn Katsir. BAGIAN 10 dan BAGIAN 11 membahas konsep pendidikan jiwa dan tazkiyah al nafs dalam konteks pendidikan Islam, sedangkan BAGIAN 12 menyoroti kontribusi tazkiyah al nafs terhadap pengembangan kompetensi kepribadian guru. Secara keseluruhan, buku ini merupakan panduan komprehensif yang membahas peran guru dalam konteks pendidikan Islam, serta pentingnya pengembangan diri secara spiritual dan moral untuk mendukung proses pendidikan yang bermakna dan berkelanjutan.
Guru atau disebut juga dengan tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan
Jumlah Halaman | 114 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-475-062-6 |
eISBN |