Dengan evaluasi maju dan mundurnya kualitas pendidikan dapat diketahui dan dengan evaluasi pula orang dapat mengetahui titik kelemahan serta mudah mencari jalan keluar untuk berubah menjadi lebih baik ke depan Tanpa evaluasi orang tidak bisa mengetahui seberapa jauh keberhasilan siswa dan tanpa evaluasi pula tidak akan ada perubahan menjadi lebih baik Melalui evaluasi orang akan mengetahui sampai sejauh mana penyampaian pembelajaran atau tujuan pendidikan atau sebuah program dapat dicapai sesuai dengan tujuan yang diinginkan Evaluasi dan penilaian mempunyai persamaan dan perbedaan Persamaannya nbsp adalah keduanya mempunyai pengertian menilai atau menentukan nilai nbsp sesuatu Adapun perbedaannya terletak pada konteks penggunaannya Penilaian assessment digunakan dalam konteks yang lebih sempit nbsp dan biasanya dilaksanakan secara internal yakni oleh orang orang yang menjadi bagian atau terlibat dalam sistem yang bersangkutan seperti guru menilai hasil belajar murid atau supervisor menilai guru Baik guru maupun supervisor adalah orang orang yang menjadi bagian dari nbsp sistem pendidikan Adapun evaluasi digunakan dalam konteks yang lebih nbsp luas dan biasanya dilaksanakan secara eksternal seperti konsultan yang nbsp disewa untuk mengevaluasi suatu program baik pada level terbatas maupun pada level yang luasDengan evaluasi maju dan mundurnya kualitas pendidikan dapat diketahui dan dengan evaluasi pula orang dapat mengetahui titik kelemahan serta mudah mencari jalan keluar untuk berubah menjadi lebih baik ke depan Tanpa evaluasi orang tidak bisa mengetahui seberapa jauh keberhasilan siswa dan tanpa evaluasi pula tidak akan ada perubahan menjadi lebih baik ...Melalui evaluasi orang akan mengetahui sampai sejauh mana penyampaian pembelajaran atau tujuan pendidikan atau sebuah program dapat dicapai sesuai dengan tujuan yang diinginkan Evaluasi dan penilaian mempunyai persamaan dan perbedaan Persamaannya nbsp adalah keduanya mempunyai pengertian menilai atau menentukan nilai nbsp sesuatu Adapun perbedaannya terletak pada konteks penggunaannya Penilaian assessment digunakan dalam konteks yang lebih sempit nbsp dan biasanya dilaksanakan secara internal yakni oleh orang orang yang menjadi bagian atau terlibat dalam sistem yang bersangkutan seperti guru menilai hasil belajar murid atau supervisor menilai guru Baik guru maupun supervisor adalah orang orang yang menjadi bagian dari nbsp sistem pendidikan Adapun evaluasi digunakan dalam konteks yang lebih nbsp luas dan biasanya dilaksanakan secara eksternal seperti konsultan yang nbsp disewa untuk mengevaluasi suatu program baik pada level terbatas maupun pada level yang luas