Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai pendekatan dan model pembelajaran inovatif yang dirancang untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di jenjang Sekolah Dasar (SD). Isi buku terdiri dari beberapa artikel penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggambarkan upaya peningkatan kualitas pembelajaran melalui metode yang kreatif dan efektif. Beberapa topik yang dibahas meliputi: 1. Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Hewan Melalui Pendekatan STEAM dan Metode Project Based Learning (PBL) – Artikel ini menjelaskan bagaimana pendekatan STEAM dan metode PBL dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang perkembangbiakan hewan, dengan fokus pada penerapan di jenjang SD. 2. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas VI – Artikel ini menyoroti efektivitas teknik Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI terkait materi perkembangbiakan makhluk hidup. 3. Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Sifat Perambatan Bunyi pada Siswa Kelas IV di Masa Pandemi – Artikel ini menjelaskan bagaimana model Make a Match dapat diterapkan dalam situasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang sifat perambatan bunyi. 4. Penerapan Model TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pahlawan Kebanggaanku pada Siswa Kelas IV – Artikel ini meninjau penerapan model Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa terkait materi pahlawan kebanggaan Indonesia. 5. Peningkatan Prestasi Belajar IPS tentang Keragaman Budaya Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match pada Siswa Kelas IV SD – Artikel ini menunjukkan bagaimana model Make a Match dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang keragaman budaya di Indonesia. 6. Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Peserta Didik Kelas VI – Artikel ini menjelaskan penerapan model TGT dalam membantu siswa kelas VI memahami konsep proklamasi kemerdekaan Indonesia secara mendalam. Secara keseluruhan, buku ini merupakan kumpulan penelitian tindakan kelas yang dirancang untuk memberikan referensi dan inspirasi bagi para guru dalam merancang pembelajaran yang lebih efektif, kreatif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa di jenjang SD. Buku ini juga relevan dalam konteks pembelajaran di masa pandemi, dengan menawarkan solusi pembelajaran yang adaptif dan berbasis teknologi.
Buku yang berjudul Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru TK dan SD Melalui Penelitian Tindakan Kelas Kumpulan Artikel PTK ini merupakan kumpulan dari 24 artikel PTK dengan judul yang berbeda beda diantaranya berjudul Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Hewan Melalui Pendekatan Steam Metode Project Best Learning pada Peserta Didik Jenjang SD Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas 6 Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Belajar Peserta Didik Materi Alat Gerak Dan Fungsinya pada Hewan Dan Manusia di Kelas 5 SD Metode Stad Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa SD Smart Digital Puzzle Media dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Quizizz pada Siswa Sekolah Dasar Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajaripa Materi Sifat Perambatan Bunyi Siswa Kelas IV di Masa Pandemi Covid 19 dan banyak lagi Semoga buku ini dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bagi guru sekolah dasar dan taman kanak kanak
Jumlah Halaman | 234 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Pustaka Rumah C1nta |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-5547-79-4 |
eISBN | 978-623-5547-78-7 |