Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang pendidikan karakter bagi anak usia dini, yang merupakan fondasi penting dalam membentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berakhlak mulia. Dalam buku ini, dibahas secara sistematis tentang konsep pendidikan anak usia dini, termasuk peran pendidikan dalam pembentukan sikap, perilaku, motivasi, dan keterampilan anak. Penulis menjelaskan bahwa usia dini (0–6 tahun) adalah masa emas yang sangat kritis dalam pembentukan karakter, karena anak pada masa ini sangat mudah meniru dan menerima pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Buku ini juga menjelaskan tahapan perkembangan kognitif anak menurut teori Piaget, yaitu tahap sensomotorik, praoperasional, operasional kongkret, dan operasional formal, serta bagaimana tahapan tersebut berkaitan dengan proses pembentukan karakter. Selain itu, buku ini menjelaskan peran sentral orang tua dalam pendidikan karakter anak, termasuk bagaimana orang tua dapat mengoptimalkan peran mereka dalam membentuk minat dan perkembangan anak. Selain itu, buku ini juga membahas peran lingkungan pendidikan, seperti lembaga PAUD, serta bentuk kemitraan yang mendukung kreativitas pendidik. Dengan penjelasan yang jelas dan sistematis, buku ini memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya pendidikan karakter di usia dini, serta bagaimana pendidik, orang tua, dan lingkungan dapat bekerja sama dalam membentuk anak-anak yang berakhlak, mandiri, dan berprestasi.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang pendidikan karakter bagi anak usia dini, yang merupakan fondasi penting dalam membentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berakhlak mulia. Dalam buku ini, dibahas secara sistematis tentang konsep pendidikan anak usia dini, termasuk peran pendidikan dalam pembentukan sikap, perilaku, motivasi, dan keterampilan anak. Penulis menjelaskan bahwa usia dini (0–6 tahun) adalah masa emas yang sangat kritis dalam pembentukan karakter, karena anak pada masa ini sangat mudah meniru dan menerima pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Buku ini juga menjelaskan tahapan perkembangan kognitif anak menurut teori Piaget, yaitu tahap sensomotorik, praoperasional, operasional kongkret, dan operasional formal, serta bagaimana tahapan tersebut berkaitan dengan proses pembentukan karakter. Selain itu, buku ini menjelaskan peran sentral orang tua dalam pendidikan karakter anak, termasuk bagaimana orang tua dapat mengoptimalkan peran mereka dalam membentuk minat dan perkembangan anak. Selain itu, buku ini juga membahas peran lingkungan pendidikan, seperti lembaga PAUD, serta bentuk kemitraan yang mendukung kreativitas pendidik. Dengan penjelasan yang jelas dan sistematis, buku ini memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya pendidikan karakter di usia dini, serta bagaimana pendidik, orang tua, dan lingkungan dapat bekerja sama dalam membentuk anak-anak yang berakhlak, mandiri, dan berprestasi.
Jumlah Halaman | 78 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-468-000-8 |
eISBN |