Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang model pembelajaran IPA berbasis *Scientific Approach*, yang merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses ilmiah dan keterlibatan aktif siswa dalam menemukan pengetahuan. Buku ini dirancang untuk membimbing guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang mampu melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, yaitu melalui pendekatan *Inquiry*, *Problem-Based Learning (PBL)*, dan *Project-Based Learning (PjBL)*. Dalam buku ini, disajikan konsep belajar dan faktor-faktor yang memengaruhinya, serta teori-teori belajar yang relevan seperti konstruktivisme, teori perkembangan kognitif Piaget, teori belajar bermakna Ausubel, dan teori pengajaran Dewey. Selain itu, buku ini juga menjelaskan paradigma proses pembelajaran menurut Kurikulum 2013 yang menekankan pergeseran dari pembelajaran berbasis guru (*teacher center learning*) ke pembelajaran berbasis siswa (*student center learning*). Buku ini merupakan panduan praktis bagi guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dengan pendekatan ilmiah yang komprehensif dan berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Dengan mengintegrasikan teori belajar dan model pembelajaran yang relevan, buku ini memberikan wawasan yang mendalam untuk mendukung implementasi pembelajaran yang efektif dan inovatif di kelas.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang model pembelajaran IPA berbasis *Scientific Approach*, yang merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses ilmiah dan keterlibatan aktif siswa dalam menemukan pengetahuan. Buku ini dirancang untuk membimbing guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang mampu melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, yaitu melalui pendekatan *Inquiry*, *Problem-Based Learning (PBL)*, dan *Project-Based Learning (PjBL)*. Dalam buku ini, disajikan konsep belajar dan faktor-faktor yang memengaruhinya, serta teori-teori belajar yang relevan seperti konstruktivisme, teori perkembangan kognitif Piaget, teori belajar bermakna Ausubel, dan teori pengajaran Dewey. Selain itu, buku ini juga menjelaskan paradigma proses pembelajaran menurut Kurikulum 2013 yang menekankan pergeseran dari pembelajaran berbasis guru (*teacher center learning*) ke pembelajaran berbasis siswa (*student center learning*). Buku ini merupakan panduan praktis bagi guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dengan pendekatan ilmiah yang komprehensif dan berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Dengan mengintegrasikan teori belajar dan model pembelajaran yang relevan, buku ini memberikan wawasan yang mendalam untuk mendukung implementasi pembelajaran yang efektif dan inovatif di kelas.
Jumlah Halaman | 82 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-482-893-6 |
eISBN |