Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dalam mengukur tiga keterampilan penting dalam pembelajaran sains, yaitu keterampilan berpikir kritis, kemampuan berargumentasi, dan kemampuan pemahaman membaca. Buku ini dirancang untuk membantu guru dan peneliti dalam merancang serta mengevaluasi kemampuan berpikir kritis dan berargumentasi siswa, terutama dalam konteks materi fisika, khususnya pada topik kinematika gerak seperti gerak jatuh bebas dan gerak parabola. Buku ini terdiri dari tiga bagian utama: 1. Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis – Bagian ini berisi instrumen tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis, mengevaluasi, dan mengambil keputusan berdasarkan informasi yang diberikan. 2. Mengukur Kemampuan Berargumentasi – Bagian ini fokus pada pengembangan kemampuan siswa dalam menyusun argumen yang logis, konsisten, dan didukung oleh bukti. 3. Mengukur Kemampuan Pemahaman Membaca – Bagian ini membimbing pembaca dalam memahami dan menganalisis teks sains secara mendalam, serta menghubungkan konsep yang dipelajari dengan konteks nyata. Selain itu, buku ini juga menyertakan soal-soal latihan yang terstruktur, seperti soal-soal tentang gerak parabola dan gerak jatuh bebas, yang melibatkan analisis lintasan, ketinggian maksimal, jarak jangkauan, dan hubungan antara percepatan, kecepatan, dan waktu. Soal-soal ini dirancang untuk melatih siswa dalam menerapkan konsep fisika ke dalam situasi nyata, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berargumentasi mereka. Buku ini sangat cocok digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran fisika di tingkat menengah, baik untuk guru maupun siswa yang ingin meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep sains secara mendalam.
Buku ini merupakan buku pedoman penilaian yang berisikan tentang instrumen tes keterampilan berpikir kritis berargumentasi dan kemampuan pemahaman membaca Di dalam buku ini terdapat tiga bagian yaitu Bagian I tentang instrumen tes keterampilan berpikir kritis Bagian II tentang instrumen tes keterampilan berargumentasi dan Bagian III tentang instrumen tes kemampuan pemahaman membaca Pada setiap bagian tersebut terdapat instrumen tes kunci jawaban dan pedoman penskoran untuk menentukan kriteria capaian oleh mahahasiswa
Jumlah Halaman | 58 |
---|---|
Kategori | Sosial |
Penerbit | Pustaka Rumah C1nta |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-5547-25-1 |
eISBN | 978-623-5547-24-4 |