Sinopsis Buku: Buku ini menggambarkan pengalaman seorang guru yang kembali mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta dengan tiga program studi keahlian, khususnya kelas pertanian yang dikenal dengan julukan “Kelas Kutukan”. Dalam buku ini, penulis mengungkapkan tantangan dan perubahan yang dialami dalam mengajar di kelas yang dianggap sebagai kelas buangan, di mana siswa banyak dianggap memiliki latar belakang yang kurang mendukung, baik secara pendidikan maupun lingkungan. Meski demikian, penulis menemukan harapan dan potensi yang tersembunyi di balik julukan tersebut. Buku ini juga membahas upaya-upaya untuk mengubah persepsi negatif terhadap kelas pertanian melalui pembelajaran kewirausahaan yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kemandirian siswa. Penulis menjelaskan manfaat dan dampak pembelajaran kewirausahaan, serta permasalahan yang dihadapi dalam penerapannya, sebagai bahan pertimbangan bagi guru dan pihak terkait dalam penyelenggaraan pendidikan kejuruan. Selain itu, buku ini juga menggambarkan perjalanan penulis dalam membangun hubungan dengan siswa, memberikan motivasi, dan membuka kembali harapan mereka untuk masa depan yang lebih baik. Buku ini merupakan referensi yang bermanfaat bagi guru produktif, guru kewirausahaan, serta pihak yang tertarik dalam pendidikan kejuruan dan vokasional.
Sinopsis Buku: Buku ini menggambarkan pengalaman seorang guru yang kembali mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta dengan tiga program studi keahlian, khususnya kelas pertanian yang dikenal dengan julukan “Kelas Kutukan”. Dalam buku ini, penulis mengungkapkan tantangan dan perubahan yang dialami dalam mengajar di kelas yang dianggap sebagai kelas buangan, di mana siswa banyak dianggap memiliki latar belakang yang kurang mendukung, baik secara pendidikan maupun lingkungan. Meski demikian, penulis menemukan harapan dan potensi yang tersembunyi di balik julukan tersebut. Buku ini juga membahas upaya-upaya untuk mengubah persepsi negatif terhadap kelas pertanian melalui pembelajaran kewirausahaan yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kemandirian siswa. Penulis menjelaskan manfaat dan dampak pembelajaran kewirausahaan, serta permasalahan yang dihadapi dalam penerapannya, sebagai bahan pertimbangan bagi guru dan pihak terkait dalam penyelenggaraan pendidikan kejuruan. Selain itu, buku ini juga menggambarkan perjalanan penulis dalam membangun hubungan dengan siswa, memberikan motivasi, dan membuka kembali harapan mereka untuk masa depan yang lebih baik. Buku ini merupakan referensi yang bermanfaat bagi guru produktif, guru kewirausahaan, serta pihak yang tertarik dalam pendidikan kejuruan dan vokasional.
Jumlah Halaman | 52 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | PT. Mediaguru Digital Indonesia |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5946-25-7 |
eISBN |