BUKU ini ditulis untuk mengusulkan paradigma baru metode ceramah dalam pendidikan Ceramah adalah metode pengajaran tertua di dunia ini diandalkan sebagai metode transfer informasi yang mudah murah cepat dan efisien Namun dalam beberapa dekade terakhir ceramah difitnah sebagai metode pengajaran tidak efektif tidak relevan dan membosankan Di tengah fitnah yang terus menerus dipopulerkan kenyataan lapangan berkata sebaliknya Metode ceramah masih dibutuhkan bahkan eksis digunakan para pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran Metode ceramah memudahkan guru menyampaikan informasi di tengah tumpukan beban administrasi Metode ceramah memudahkan dosen menjelaskan materi di tengah beban Tri Dharma perguruan tinggi Metode ceramah diandalkan oleh tutor di lembaga bimbingan belajar untuk pendalaman materi Siswa butuh metode ceramah agar mendapatkan penjelasan yang lebih mudah dipahami daripada harus membaca sendiri semua referensi Metode ceramah memudahkan siswa dalam mengonfirmasi dan mengafirmasi pengetahuan yang mereka dapatkan sehingga miskonsepsi lebih mudah untuk dihindari Harus diakui tidak ada yang bisa meninggalkan metode ceramah Justru kita harus bertanya mengapa fitnah terhadap metode ceramah terus menerus dipopulerkan Padahal tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan Buku ini akan mencoba meluruskan semua fitnah terhadap metode ceramah dalam kajian teoretis maupun praktis Alih alih harus ditinggalkan metode ceramah seharusnya ditingkatkan kualitasnya sehingga dapat lebih menarik interaktif dan tidak membosankan untuk diikuti BUKU ini ditulis untuk mengusulkan paradigma baru metode ceramah dalam pendidikan Ceramah adalah metode pengajaran tertua di dunia ini diandalkan sebagai metode transfer informasi yang mudah murah cepat dan efisien Namun dalam beberapa dekade terakhir ceramah difitnah sebagai metode pengajaran tidak efektif tidak relevan dan membosankan Di tengah fitnah yang terus ...menerus dipopulerkan kenyataan lapangan berkata sebaliknya Metode ceramah masih dibutuhkan bahkan eksis digunakan para pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran Metode ceramah memudahkan guru menyampaikan informasi di tengah tumpukan beban administrasi Metode ceramah memudahkan dosen menjelaskan materi di tengah beban Tri Dharma perguruan tinggi Metode ceramah diandalkan oleh tutor di lembaga bimbingan belajar untuk pendalaman materi Siswa butuh metode ceramah agar mendapatkan penjelasan yang lebih mudah dipahami daripada harus membaca sendiri semua referensi Metode ceramah memudahkan siswa dalam mengonfirmasi dan mengafirmasi pengetahuan yang mereka dapatkan sehingga miskonsepsi lebih mudah untuk dihindari Harus diakui tidak ada yang bisa meninggalkan metode ceramah Justru kita harus bertanya mengapa fitnah terhadap metode ceramah terus menerus dipopulerkan Padahal tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan Buku ini akan mencoba meluruskan semua fitnah terhadap metode ceramah dalam kajian teoretis maupun praktis Alih alih harus ditinggalkan metode ceramah seharusnya ditingkatkan kualitasnya sehingga dapat lebih menarik interaktif dan tidak membosankan untuk diikuti