Sinopsis Buku: Buku ini merupakan bagian pertama dari seri dua buku yang bertujuan membimbing guru dalam penyusunan proposal PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Buku ini dirancang sebagai jawaban atas lima masalah umum yang sering dihadapi guru dalam melakukan penelitian tindakan kelas, seperti kurangnya motivasi untuk meneliti, kesulitan dalam mengubah paradigma berpikir dari kualitatif ke kuantitatif, kesulitan menemukan masalah penelitian, kebutuhan bimbingan intensif dalam penyusunan proposal, serta kesulitan teknis dalam penulisan naskah ilmiah. Buku ini terdiri dari empat bagian utama. Bagian pertama membahas konsep dan prosedur PTK, serta pentingnya perubahan paradigma berpikir agar dapat melakukan PTK secara efektif. Bagian kedua menyajikan panduan lengkap dan langkah demi langkah dalam penyusunan proposal PTK, mulai dari pra-PTK hingga penyusunan metodologi penelitian. Dalam bagian ini juga disertakan contoh-contoh penulisan komponen proposal dan latihan-latihan untuk memperkaya pemahaman pembaca. Bagian ketiga membahas cara mengidentifikasi masalah yang relevan untuk PTK. Bagian keempat memberikan panduan praktis penggunaan fungsi-fungsi MS Word untuk memudahkan penulisan naskah ilmiah, seperti penggunaan fitur *Citation* untuk mengelola daftar pustaka secara otomatis. Dengan memahami dan mengikuti langkah-langkah yang disajikan dalam buku ini, para guru diharapkan dapat menghasilkan proposal PTK secara mandiri dan profesional, serta meningkatkan kemampuan dalam melakukan penelitian tindakan kelas sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran di kelas.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan bagian pertama dari seri dua buku yang bertujuan membimbing guru dalam penyusunan proposal PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Buku ini dirancang sebagai jawaban atas lima masalah umum yang sering dihadapi guru dalam melakukan penelitian tindakan kelas, seperti kurangnya motivasi untuk meneliti, kesulitan dalam mengubah paradigma berpikir dari kualitatif ke kuantitatif, kesulitan menemukan masalah penelitian, kebutuhan bimbingan intensif dalam penyusunan proposal, serta kesulitan teknis dalam penulisan naskah ilmiah. Buku ini terdiri dari empat bagian utama. Bagian pertama membahas konsep dan prosedur PTK, serta pentingnya perubahan paradigma berpikir agar dapat melakukan PTK secara efektif. Bagian kedua menyajikan panduan lengkap dan langkah demi langkah dalam penyusunan proposal PTK, mulai dari pra-PTK hingga penyusunan metodologi penelitian. Dalam bagian ini juga disertakan contoh-contoh penulisan komponen proposal dan latihan-latihan untuk memperkaya pemahaman pembaca. Bagian ketiga membahas cara mengidentifikasi masalah yang relevan untuk PTK. Bagian keempat memberikan panduan praktis penggunaan fungsi-fungsi MS Word untuk memudahkan penulisan naskah ilmiah, seperti penggunaan fitur *Citation* untuk mengelola daftar pustaka secara otomatis. Dengan memahami dan mengikuti langkah-langkah yang disajikan dalam buku ini, para guru diharapkan dapat menghasilkan proposal PTK secara mandiri dan profesional, serta meningkatkan kemampuan dalam melakukan penelitian tindakan kelas sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran di kelas.
Jumlah Halaman | 321 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Rosda |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-446-201-7 |
eISBN | 978-602-446-257-4 |