PTK merupakan bentuk penelitian tindakan yang diterapkan dalam aktivitas pembelajaran di kelas Ciri khusus PTK adalah adanya tindakan nyata yang dilakukan sebagai bagian dari kegiatan penelitian dalam rangka memecahkan masalah Tindakan tersebut dilakukan pada situasi alami serta ditujukan untuk memecahkan masalah praktis Tindakan yang diambil merupakan kegiatan yang sengaja dilakukan atas dasar tujuan tertentu Tindakan dalam PTK dilakukan dalam suatu siklus kegiatan Kolaborasi kerja sama antara praktisi guru dan peneliti dosen atau widyaiswara merupakan salah satu ciri khas PTK Melalui kolaborasi ini mereka bersama menggali dengan mengkaji permasalahan nyata yang dihadapi oleh guru dan atau siswa Sebagai penelitian yang bersifat kolaboratif harus secara jelas diketahui peranan dan tugas guru dengan peneliti Dalam PTK kolaboratif kedudukan peneliti setara dengan guru dalam arti masing masing mempunyai peran serta tanggung jawab yang saling 6 membutuhkan dan saling melengkapi Peran kolaborasi turut menentukan keberhasilan PTK terutama pada kegiatan mendiagnosis masalah merencanakan tindakan melaksanakan penelitian tindakan observasi merekam data evaluasi dan refleksi menganalisis data menyeminarkan hasil dan menyusun laporan hasil PTK merupakan bentuk penelitian tindakan yang diterapkan dalam aktivitas pembelajaran di kelas Ciri khusus PTK adalah adanya tindakan nyata yang dilakukan sebagai bagian dari kegiatan penelitian dalam rangka memecahkan masalah Tindakan tersebut dilakukan pada situasi alami serta ditujukan untuk memecahkan masalah praktis Tindakan yang diambil merupakan kegiatan yang sengaja dilakukan atas ...dasar tujuan tertentu Tindakan dalam PTK dilakukan dalam suatu siklus kegiatan Kolaborasi kerja sama antara praktisi guru dan peneliti dosen atau widyaiswara merupakan salah satu ciri khas PTK Melalui kolaborasi ini mereka bersama menggali dengan mengkaji permasalahan nyata yang dihadapi oleh guru dan atau siswa Sebagai penelitian yang bersifat kolaboratif harus secara jelas diketahui peranan dan tugas guru dengan peneliti Dalam PTK kolaboratif kedudukan peneliti setara dengan guru dalam arti masing masing mempunyai peran serta tanggung jawab yang saling 6 membutuhkan dan saling melengkapi Peran kolaborasi turut menentukan keberhasilan PTK terutama pada kegiatan mendiagnosis masalah merencanakan tindakan melaksanakan penelitian tindakan observasi merekam data evaluasi dan refleksi menganalisis data menyeminarkan hasil dan menyusun laporan hasil