Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep *Higher Order Thinking Skills* (HOTS) dalam konteks pendidikan, khususnya dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mahasiswa. HOTS mengacu pada kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, dan kreatif yang dibangun dari dasar-dasar berpikir tingkat rendah (*Lower Order Thinking Skills*). Buku ini menjelaskan bahwa HOTS merupakan bagian dari taksonomi kognitif yang dikembangkan oleh Bloom, yang direvisi oleh Lorin Anderson pada tahun 2001. Dalam ranah kognitif, HOTS berada pada tingkatan *analisis*, *sintesis*, dan *evaluasi*. Selain itu, buku ini juga mengupas implementasi metode *Six Thinking Hats* (*STH*) atau *Enam Topi Berpikir* sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Metode ini memungkinkan individu untuk berpikir secara terstruktur dan sistematis dalam berbagai aspek, sehingga meningkatkan kualitas pemecahan masalah dan pemahaman kritis. Buku ini ditujukan untuk para pendidik, mahasiswa, dan calon pendidik yang ingin memahami dan menerapkan konsep HOTS dalam proses belajar-mengajar. Dengan memahami dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, para pembaca diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam konteks pendidikan tinggi. Buku ini juga menyajikan beberapa riset dan implementasi yang relevan untuk pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Penulis: Nina Dwi Suryani Penerbit: Media Nusa Creative ISBN: 978-602-462-934-2
Puji Syukur Saya Panjatkan kehadirat Allah Swt dengan terselesainya Buku yang berjudul HOTS dalam Metode Penelitian Higher Order Thinking Skills HOTS adalah keahlian yang meliputi kemampuan seseorang untuk berpikir secara kritis logis reflektif meta
Jumlah Halaman | 157 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-602-462-934-2 |
eISBN | proses |