Sinopsis Buku: Buku *Mengembangkan Pendidikan Inklusi di Sekolah/Madrasah* membahas konsep, prinsip, dan praktik penerapan pendidikan inklusi dalam lingkungan sekolah dan madrasah. Buku ini menjelaskan bahwa pendidikan inklusi adalah sistem pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik, baik yang memiliki kelainan maupun yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa, untuk belajar bersama dalam satu komunitas belajar yang inklusif. Buku ini terdiri dari enam bab yang membahas berbagai aspek penting dalam pengembangan pendidikan inklusi. Bab pertama membahas pendahuluan tentang pentingnya pendidikan inklusi. Bab kedua menjelaskan konsep pendidikan inklusi, termasuk istilah, landasan, dan ruang lingkup serta tujuan pendidikan inklusi. Bab ketiga membahas model pembelajaran dan pengembangan pendidikan inklusi. Bab keempat menjelaskan dimensi indeks inklusi dan kualitas layanan pendidikan inklusi. Bab kelima membahas peran kepala sekolah/madrasah dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi. Bab keenam memberikan contoh praktik baik penerapan pendidikan inklusi di SMP Negeri 45 Surabaya. Buku ini merupakan referensi yang sangat bermanfaat bagi guru, kepala sekolah, dan semua pihak yang peduli terhadap pendidikan inklusif, khususnya dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang adil, inklusif, dan berkelanjutan.
Pendidikan inklusi merupakan filosofi pendidikan bukan istilah kebijakan atau legislasi dalam pendidikan yang memungkinkan semua peserta didik memperoleh pendidikan yang terbaik Pendidikan inklusif merujuk pada kebutuhan belajar semua peserta didik dengan suatu fokus spesifik pada mereka yang rentan terhadap marginalisasi dan pemisahan Dengan pendidikan inklusif berarti sekolah harus mengakomodasi semua anak tanpa memandang kondisi fisik intelektual sosial emosi bahasa atau kondisi lainnya dengan dasar layanan yang kooperatif toleransi penerimaan dan fleksibilitas Dan bukan pendidikan yang seperti sekarang ini yang lebih mengandalkan kompetisi sesama anak dengan sebuah lingkungan yang dibatasi list restrictive environment akan tetapi sebuah kondisi yang berkompetisi dengan dirinya sendiri dengan lingkungan yang menumbuhkan anak untuk lebih berkembang more enabling environment Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif tentulah sekolah umum yang telah memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan Beberapa persyaratan dimaksud di antaranya berkenaan dengan keberadaan siswa berkebutuhan khusus komitmen manajemen sekolah sarana prasarana dan ketenagaan Sekolah penyelenggara pendidikan inklusi haruslah memiliki siswa berkebutuhan khusus memiliki komitmen terhadap pendidikan inklusi penuntasan wajib belajar maupun terhadap komite sekolah Selain itu juga harus memiliki jaringan kerja sama dengan lembaga lembaga terkait yang didukung dengan adanya fasilitas dan sarana pembelajaran yang mudah diakses oleh semua anak Sekarang bagaimanakah sebenarnya pengembangan pendidikan inklusi di sekolah madrasah tersebut Bagaimana pula implementasinya dalam suatu proses pembelajaran Melalui buku ini Anda akan memperoleh gambaran secara jelas bagaimanakah desain pengembangan dan implementasi pendidikan inklusi di sekolah madrasah dari kerangka konseptual teoretis hingga best practice yang telah dilakukan Sehingga dapat memandu Anda sekaligus mengaplikasikan dalam pengembangan pendidikan inklusi Buku ini sangat cocok untuk lembaga pendidikan RA TK MI SD MTs SMP dan MA SMA dalam rangka mengembangkan pendidikan inklusi pada lembaga mereka juga cocok bagi tenaga pendidik guru dosen narasumber tutor fasilitator para akademisi birokrasi praktisi peneliti pengamat widyaiswara pengawas pendidikan dan tenaga kependidikan lainnya Juga cocok bagi para mahasiswa pendidikan maupun non kependidikan dari semua jenjang strata S 1 PGSD PGMI S 2 PGSD PGMI S 1 reguler S 2 maupun S 3 yang berorientasi pada dunia pendidikan
Jumlah Halaman | 194 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-384-133-7 |
eISBN | 978-623-384-134-4 |