Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan teknis penyelenggaraan layanan pendidikan bagi peserta didik cerdas istimewa (CI) dan bakat istimewa (BI), yang dikenal sebagai peserta didik cerdas istimewa dan bakat istimewa (CI+BI). Buku ini ditujukan untuk para pendidik, pengelola lembaga pendidikan, dan semua pihak yang peduli terhadap pengembangan potensi peserta didik yang memiliki kemampuan dan bakat istimewa. Dalam buku ini, disajikan berbagai konsep terkait peserta didik cerdas istimewa dan bakat istimewa, termasuk definisi, karakteristik, serta tantangan yang sering dihadapi. Di bagian selanjutnya, disampaikan berbagai bentuk layanan pendidikan yang dapat diberikan kepada peserta didik CI dan BI, serta bagaimana mengelola waktu secara efektif dalam upaya memaksimalkan potensi peserta didik tersebut. Selain itu, buku ini juga menjelaskan kurikulum yang relevan, tata kelola program, dan pembinaan yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran peserta didik dengan kebutuhan khusus ini. Buku ini juga membahas filosofi pendidikan yang lebih humanis, holistik, dan inklusif, yang menekankan pentingnya melihat peserta didik bukan hanya sebagai objek, melainkan sebagai subyek yang memiliki keunikan dan kebutuhan khusus. Dengan pendekatan ini, pendidikan diharapkan dapat menjadi lebih fleksibel, berorientasi pada potensi dan kebutuhan individu, serta mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Buku ini dilengkapi dengan informasi terkait sanksi hukum terkait pelanggaran hak cipta, yang menjadi bagian dari pengelolaan konten pendidikan yang beretika dan berkeadilan. Dengan demikian, buku ini bukan hanya menjadi panduan praktis untuk penyelenggaraan layanan pendidikan bagi peserta didik CI dan BI, tetapi juga menjadi referensi penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan inklusif di Indonesia.
Seiring dengan lahirnya pemikiran tentang sistem layanan pendidikan yang lebih inklusif dan ramah humanis dan holistik yaitu pendidikan yang menghargai perbedaan perbedaan individu maka telah dirintis sistem layanan pendidikan yang bersifat terbuka bagi pengembangan potensi peserta didik Rintisan sistem layanan pendidikan ini dikenal dengan layanan program cerdas istimewa Rintisan layanan pendidikan bagi anak anak yang memiliki kebutuhan khusus terutama dalam hal kecerdasan akhirnya berkembang dan diperluas bagi yang tidak hanya untuk peserta didik yang memiliki kekhususan Cerdas Istimewa CI tetapi juga Bakat Istimewaan sehingga layanan pendidikan ini sekarang lebih dikenal dengan CIBI Buku ini menyajikan tentang pentingnya pelayanan pendidikan khusus bagi anak cerdas istimewa dan memberikan gambaran atau panduan teknis tentang layanan pendidikan bagi anak cerdas Istimewa
Jumlah Halaman | 80 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Luxima Metro Media |
Tahun Terbit | 2013 |
ISBN | 978-602-268-000-0 |
eISBN | 978-602-268-397-1 |