Sinopsis Buku: Buku *Mengawasi Karakter Guru PAI* ini membahas tentang pentingnya pengawasan terhadap karakter guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan berbasis nilai-nilai ajaran Islam. Buku ini merupakan hasil penelitian tesis yang menitikberatkan pada pengembangan instrumen penilaian kompetensi kepribadian guru berbasis *Leader and Social Assessment (LSA)*. Penulis menjelaskan bahwa guru PAI memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk kepribadian siswa yang berakar pada nilai-nilai Islam. Untuk menjalankan tugas tersebut, guru PAI harus memiliki kompetensi yang memadai, baik dalam bertindak sesuai norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional, maupun dalam menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, dan rasa bangga menjadi seorang guru. Buku ini juga menjelaskan peran supervisi guru, termasuk pengaruh jarak tempuh dan kondisi geografis dalam pelaksanaannya. Penulis menekankan bahwa supervisi yang efektif dapat dilakukan melalui penilaian oleh kepala sekolah (leader) dan tokoh masyarakat (social), sehingga kegiatan pengawasan dapat berjalan secara optimal. Selain itu, buku ini menyajikan konsep LS Assessment dalam supervisi, yang merupakan alat evaluasi untuk mengukur kompetensi kepribadian guru. Buku ini juga menguraikan kebutuhan pengguna instrumen penilaian tersebut dalam upaya meningkatkan kualitas karakter guru PAI. Dengan pendekatan akademis yang kuat, buku ini menjadi referensi penting bagi para pendidik, pengawas, dan pelaku pendidikan agama Islam dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional dan berakar pada nilai-nilai Islam.
Sinopsis Buku: Buku *Mengawasi Karakter Guru PAI* ini membahas tentang pentingnya pengawasan terhadap karakter guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan berbasis nilai-nilai ajaran Islam. Buku ini merupakan hasil penelitian tesis yang menitikberatkan pada pengembangan instrumen penilaian kompetensi kepribadian guru berbasis *Leader and Social Assessment (LSA)*. Penulis menjelaskan bahwa guru PAI memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk kepribadian siswa yang berakar pada nilai-nilai Islam. Untuk menjalankan tugas tersebut, guru PAI harus memiliki kompetensi yang memadai, baik dalam bertindak sesuai norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional, maupun dalam menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, dan rasa bangga menjadi seorang guru. Buku ini juga menjelaskan peran supervisi guru, termasuk pengaruh jarak tempuh dan kondisi geografis dalam pelaksanaannya. Penulis menekankan bahwa supervisi yang efektif dapat dilakukan melalui penilaian oleh kepala sekolah (leader) dan tokoh masyarakat (social), sehingga kegiatan pengawasan dapat berjalan secara optimal. Selain itu, buku ini menyajikan konsep LS Assessment dalam supervisi, yang merupakan alat evaluasi untuk mengukur kompetensi kepribadian guru. Buku ini juga menguraikan kebutuhan pengguna instrumen penilaian tersebut dalam upaya meningkatkan kualitas karakter guru PAI. Dengan pendekatan akademis yang kuat, buku ini menjadi referensi penting bagi para pendidik, pengawas, dan pelaku pendidikan agama Islam dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional dan berakar pada nilai-nilai Islam.
Jumlah Halaman | 84 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-478-465-2 |
eISBN |