Sinopsis Buku: Buku ini mengupas tuntas berbagai upaya dan langkah strategis yang dilakukan oleh pemerintah, organisasi, dan masyarakat untuk meningkatkan minat baca dan literasi di Indonesia. Dalam konteks yang semakin digital, buku ini menjelaskan bagaimana penggunaan teknologi, terutama smartphone, menjadi sarana penting dalam memperluas akses terhadap bahan bacaan. Penulis membahas pentingnya desain konten yang khusus disesuaikan dengan media digital agar mampu menarik minat pembaca, serta menyoroti inisiatif seperti program pengiriman buku gratis, gerakan literasi sekolah, dan berbagai inisiatif lokal seperti GPMB dan street library. Selain itu, buku ini juga menggambarkan peran penting literasi dalam menunjukkan kualitas pendidikan suatu bangsa, dengan mengacu pada negara-negara yang memiliki literasi tinggi seperti Finlandia. Buku ini juga memberikan gambaran tentang keberhasilan beberapa program yang diinisiasi oleh Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab, dan Pusat Data dan Analisa TEMPO dalam menyediakan buku dalam format digital atau e-book yang mudah diakses dan disukai oleh masyarakat. Buku ini juga menyentuh aspek hukum terkait hak cipta, menjelaskan pentingnya perlindungan karya intelektual dalam konteks penerbitan dan distribusi buku. Terakhir, buku ini menyoroti kegiatan-kegiatan strategis dalam dunia pendidikan dan keagamaan, seperti Muktamar NU, yang menjadi bagian dari upaya membangun kesadaran dan keberlanjutan dalam pengembangan literasi dan pendidikan di Indonesia.
MEREKA duduk di lantai beralaskan karpet di musala yang terletak di samping rumah Kiai As rsquo ad Syamsul Arifin Hanya Kiai As rsquo ad sendiri mungkin karena usia tuanya yan duduk di atas kursi Ada sekitar 35 orang yang hadir Tampak antara lain Kiai Masjkur Machrus Ali Ali Ma rsquo shum Adnan Ali dan Achmad Siddiq Seluruh rais Syuriyah NU wilayah seluruh Indonesia ikut hadir Beberapa pengurus Tanfidziyah PB NU antara lain Munasir Yusuf Hasjim Zamroni dan Mahbub Djunaidi juga tampak kecuali Idham Chalid
Jumlah Halaman | 54 |
---|---|
Kategori | Sosial |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-344-730-0 |