Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai upaya dan inisiatif yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan tingkat literasi di Indonesia. Dalam konteks global, literasi sering dikaitkan dengan kualitas pendidikan sebuah negara, seperti Finlandia yang dianggap memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Hasil survei literasi menjadi penting karena dapat menjadi *good news* atau *bad news*, tergantung pada respons pemerintah dan masyarakat terhadapnya. Buku ini juga menjelaskan berbagai program yang diluncurkan, seperti gerakan literasi sekolah oleh Menteri Pendidikan Nasional, serta inisiatif lokal seperti GPMB di Yogyakarta dan program *street library* di Bandung. Selain itu, disebutkan upaya bersama oleh Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab, dan berbagai organisasi untuk memberikan layanan pengiriman buku gratis ke seluruh daerah Indonesia setiap tanggal 17. Dalam era digital, penguasaan telepon pintar menjadi kunci dalam meningkatkan akses terhadap bahan bacaan. Buku ini menyoroti pentingnya menyediakan konten yang didesain khusus untuk smartphone, bukan sekadar memindahkan buku cetak ke format digital. Pusat Data dan Analisa TEMPO juga berupaya menyajikan buku-buku dalam format e-book yang mudah dibaca di perangkat genggam. Selain itu, buku ini juga menyentuh topik konservasi lingkungan, seperti upaya sensus badak Jawa oleh WWF-Indonesia menggunakan kamera Nikon F 4015, yang dihadapi tantangan dari alam dan keberadaan hewan-hewan Ujung Kulon. Secara keseluruhan, buku ini memberikan gambaran mengenai pentingnya literasi dalam konteks nasional dan global, serta berbagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan akses terhadap bahan bacaan di Indonesia.
DENGAN kaus loreng selempang dan payung sosok ini belakangan mudah ditemui di mana mana Mereka adalah patung badak yang dijadikan maskot Visit Indonesia Year 1991 Tapi ternyata untuk mendapatkan bentuk asli maskot tersebut tidaklah mudah
Jumlah Halaman | 68 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-05-0252-1 |