Misi Y B Mangunwijaya ketika merintis Sekolah Dasar Eksperimental di Pedukuhan Mangunan Sleman Yogyakarta adalah menemukan sebuah sistem pendidikan dasar yang berpihak kepada anak yang mampu membuka kesempatan kepada anak untuk belajar dengan gembira dan merdeka namun tetap terarah pada pemekaran bakat bakat mereka secara eskploratif kreatif dan integral Harapannya anak terbantu dalam mengembangkan karakter kesetiakawanan kerja sama mandiri disiplin berdaya juang dan lentur pada zaman yang serba cepat ini yang menuntut kreativitas kemandirian serta kemampuan berjejaring bekerja sama secara sinergis dalam hidup Gagasan visioner Y B Mangunwijaya ini sangat relevan untuk perkembangan pendidikan saat ini Y B Mangunwijaya juga menegaskan pentingnya pendampingan para guru secara berkelanjutan Guru mempunyai peran penting dalam mengembangkan komunitas pembelajar yang meliputi guru murid orang tua masyarakat dan semua yang terlibat dalam proses eksperimentasi Oleh karenanya tiap guru didorong untuk mengujicobakan berbagai metode dan rancangan pembelajaran yang kreatif untuk menjawab kebutuhan pemekaran bakat anak anak Inilah yang menjadi embrio action research atau penelitian tindakan Hasil hasil penelitian tindakan yang dihadirkan dalam buku Penelitian Tindakan di Kelas Mengalir dari Hati Wujud Pembelajaran Eksperimental Y B Mangunwijaya ini diharapkan pada saatnya bisa menginspirasi berbagai sekolah Dengan demikian sekolah dasar di Indonesia dapat menjadi komunitas pembelajar yang sangat menggairahkan Misi Y B Mangunwijaya ketika merintis Sekolah Dasar Eksperimental di Pedukuhan Mangunan Sleman Yogyakarta adalah menemukan sebuah sistem pendidikan dasar yang berpihak kepada anak yang mampu membuka kesempatan kepada anak untuk belajar dengan gembira dan merdeka namun tetap terarah pada pemekaran bakat bakat mereka secara eskploratif kreatif dan integral Harapannya anak ...terbantu dalam mengembangkan karakter kesetiakawanan kerja sama mandiri disiplin berdaya juang dan lentur pada zaman yang serba cepat ini yang menuntut kreativitas kemandirian serta kemampuan berjejaring bekerja sama secara sinergis dalam hidup Gagasan visioner Y B Mangunwijaya ini sangat relevan untuk perkembangan pendidikan saat ini Y B Mangunwijaya juga menegaskan pentingnya pendampingan para guru secara berkelanjutan Guru mempunyai peran penting dalam mengembangkan komunitas pembelajar yang meliputi guru murid orang tua masyarakat dan semua yang terlibat dalam proses eksperimentasi Oleh karenanya tiap guru didorong untuk mengujicobakan berbagai metode dan rancangan pembelajaran yang kreatif untuk menjawab kebutuhan pemekaran bakat anak anak Inilah yang menjadi embrio action research atau penelitian tindakan Hasil hasil penelitian tindakan yang dihadirkan dalam buku Penelitian Tindakan di Kelas Mengalir dari Hati Wujud Pembelajaran Eksperimental Y B Mangunwijaya ini diharapkan pada saatnya bisa menginspirasi berbagai sekolah Dengan demikian sekolah dasar di Indonesia dapat menjadi komunitas pembelajar yang sangat menggairahkan