Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan sumber belajar pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif membangun dan mengembangkan pengetahunnya Untuk mencipatakan pembelajaran yang demikin maka dibutuhkan peranan guru dalam merancang pembelajaran Dalam merancang pembelajaran ada beberapa hal yang harusnya diperhatikan oleh guru hal hal yang harus diperhatikan adalah karakteritik peserta didik kurikulum materi media serta sarana dan prasarana Dengan mengetahuai hal hal tersebut akan mempermudah guru dalam merancang pembelajaran khususnya pembelajaran di sekolah dasar Mengingat pembelajaran di sekolah dasar berbeda dengan pembelajaran yang di tingkat sekolah yang lebih tinggi Pembelajaran di sekolah dasar haruslah dirancang sesuai dengan karakteritik anak SD anak anak SDi berada pada tingkat oprasional konkret 7 12 tahun yang belum mampu untuk berpikir secara abstrak Sehingga proses pembelajaran harus lebih banyak menggunakan benda benda nyata dan peristiwa yang nyata sehingga pembelajaran lebih menyenangkan Untuk menciptakan pembelajaran yang menyengkan guru harus mempunyai pengetahuan tentang bagaimana cara menciptakan pembelajaran menyenangkan di SD Guru harus memilik pengetahuan tentang pendekatan model strategi teknik dan metode pembelajaran yang bisa diterpakan di sekolah dasar Buku ini mencoba menyajikan hal hal yang berkaitan dengan Pendekatan Strategi Model Metode dan Teknik yang digunakan untuk merancang proses pembelajaran Adanya buku ini akan membantu guru dan calon guru untuk meningkatkan kemampuan merancang pembelajaran serta meningkatkan keterampilan mengajar menyenangkan di sekolah dasar Dalam buku ini dibahas dengan rinci tentang manteri terminology pembelajaran model pembelajaran langsung Problem based learning project based learning cooperative learning pembelajaran tematik siklus belajar Value Clarification Technique dan model Paikem Dengan adanya buku ini akan menambah wawasan guru dan calon guru tentang model model pembelajaran yang bisa diterpakan di sekolah dasar Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan sumber belajar pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif membangun dan mengembangkan pengetahunnya Untuk mencipatakan pembelajaran yang demikin maka dibutuhkan peranan guru dalam merancang pembelajaran Dalam merancang pembelajaran ada beberapa hal yang harusnya diperhatikan oleh guru hal ...hal yang harus diperhatikan adalah karakteritik peserta didik kurikulum materi media serta sarana dan prasarana Dengan mengetahuai hal hal tersebut akan mempermudah guru dalam merancang pembelajaran khususnya pembelajaran di sekolah dasar Mengingat pembelajaran di sekolah dasar berbeda dengan pembelajaran yang di tingkat sekolah yang lebih tinggi Pembelajaran di sekolah dasar haruslah dirancang sesuai dengan karakteritik anak SD anak anak SDi berada pada tingkat oprasional konkret 7 12 tahun yang belum mampu untuk berpikir secara abstrak Sehingga proses pembelajaran harus lebih banyak menggunakan benda benda nyata dan peristiwa yang nyata sehingga pembelajaran lebih menyenangkan Untuk menciptakan pembelajaran yang menyengkan guru harus mempunyai pengetahuan tentang bagaimana cara menciptakan pembelajaran menyenangkan di SD Guru harus memilik pengetahuan tentang pendekatan model strategi teknik dan metode pembelajaran yang bisa diterpakan di sekolah dasar Buku ini mencoba menyajikan hal hal yang berkaitan dengan Pendekatan Strategi Model Metode dan Teknik yang digunakan untuk merancang proses pembelajaran Adanya buku ini akan membantu guru dan calon guru untuk meningkatkan kemampuan merancang pembelajaran serta meningkatkan keterampilan mengajar menyenangkan di sekolah dasar Dalam buku ini dibahas dengan rinci tentang manteri terminology pembelajaran model pembelajaran langsung Problem based learning project based learning cooperative learning pembelajaran tematik siklus belajar Value Clarification Technique dan model Paikem Dengan adanya buku ini akan menambah wawasan guru dan calon guru tentang model model pembelajaran yang bisa diterpakan di sekolah dasar