Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis dan komprehensif bagi para guru dalam mengembangkan pembelajaran kimia berbasis inkuiri, khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas X. Buku ini dirancang untuk membantu guru meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionalnya, terutama dalam mengelola pembelajaran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan Kurikulum 2013. Buku ini menyajikan berbagai model pembelajaran inkuiri yang dapat diterapkan dalam ruang kelas, seperti *Discovery Learning*, *Interactive Demonstration*, *Inquiry Lesson*, *Inquiry Laboratory*, *Real-World Applications*, dan *Hypothetical Inquiry*. Setiap model dilengkapi dengan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dapat langsung diterapkan di kelas. Salah satu topik yang dibahas secara mendalam adalah *Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit*. Pembelajaran pada topik ini dirancang untuk membangun konsep sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya melalui kegiatan diskusi, observasi, dan eksperimen. Peserta didik diharapkan dapat memahami konsep elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan nonelektrolit melalui pendekatan inkuiri yang aktif dan kreatif. Selain itu, buku ini juga mencakup panduan pengembangan RPP berbasis inkuiri pada berbagai topik kimia lainnya, serta referensi pustaka dan profil penulis. Buku ini sangat relevan bagi guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran kimia dan mendorong partisipasi aktif peserta didik dalam proses belajar-mengajar.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis dan komprehensif bagi para guru dalam mengembangkan pembelajaran kimia berbasis inkuiri, khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas X. Buku ini dirancang untuk membantu guru meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionalnya, terutama dalam mengelola pembelajaran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan Kurikulum 2013. Buku ini menyajikan berbagai model pembelajaran inkuiri yang dapat diterapkan dalam ruang kelas, seperti *Discovery Learning*, *Interactive Demonstration*, *Inquiry Lesson*, *Inquiry Laboratory*, *Real-World Applications*, dan *Hypothetical Inquiry*. Setiap model dilengkapi dengan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dapat langsung diterapkan di kelas. Salah satu topik yang dibahas secara mendalam adalah *Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit*. Pembelajaran pada topik ini dirancang untuk membangun konsep sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya melalui kegiatan diskusi, observasi, dan eksperimen. Peserta didik diharapkan dapat memahami konsep elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan nonelektrolit melalui pendekatan inkuiri yang aktif dan kreatif. Selain itu, buku ini juga mencakup panduan pengembangan RPP berbasis inkuiri pada berbagai topik kimia lainnya, serta referensi pustaka dan profil penulis. Buku ini sangat relevan bagi guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran kimia dan mendorong partisipasi aktif peserta didik dalam proses belajar-mengajar.
Jumlah Halaman | 82 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-478-519-2 |
eISBN |