Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif dalam pengembangan tema pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang dirancang untuk membantu guru dan pendidik dalam merancang dan menerapkan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan sesuai dengan perkembangan anak usia 4–6 tahun. Buku ini terdiri dari beberapa bab utama, yaitu: Pengembangan Tema PAUD, Mengajar di Kelas PAUD, dan Kreativitas di PAUD. Dalam Bab IV, dibahas secara mendalam tentang pengembangan tema PAUD, yang meliputi tema *Diriku*, *Keluargaku*, *Lingkunganku*, *Binatang*, *Tanaman*, dan *Kendaraan*. Setiap tema dirancang untuk melatih anak dalam berbagai aspek perkembangan, seperti kognitif, sosial, emosional, dan motorik, agar anak dapat belajar secara holistik. Bab II menjelaskan tentang konsep pendidikan anak usia dini, serta tugas dan fungsi guru PAUD dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Bab III fokus pada pengembangan kreativitas di PAUD, dengan penekanan pada metode seperti bercerita sebagai sarana untuk meningkatkan kreativitas anak. Buku ini juga menyajikan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) sebagai panduan praktis dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif dan menarik bagi anak. Selain itu, buku ini juga mencakup refleksi dan pengalaman nyata dari penulis dalam mengelola KB-PAUD Pelangi Kasih, Kabupaten Toba Samosir, yang menunjukkan pentingnya pengembangan kreativitas anak dalam proses belajar-mengajar. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis kebutuhan anak, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi semua pihak yang terlibat dalam pendidikan anak usia dini, khususnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan potensi anak secara optimal.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif dalam pengembangan tema pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang dirancang untuk membantu guru dan pendidik dalam merancang dan menerapkan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan sesuai dengan perkembangan anak usia 4–6 tahun. Buku ini terdiri dari beberapa bab utama, yaitu: Pengembangan Tema PAUD, Mengajar di Kelas PAUD, dan Kreativitas di PAUD. Dalam Bab IV, dibahas secara mendalam tentang pengembangan tema PAUD, yang meliputi tema *Diriku*, *Keluargaku*, *Lingkunganku*, *Binatang*, *Tanaman*, dan *Kendaraan*. Setiap tema dirancang untuk melatih anak dalam berbagai aspek perkembangan, seperti kognitif, sosial, emosional, dan motorik, agar anak dapat belajar secara holistik. Bab II menjelaskan tentang konsep pendidikan anak usia dini, serta tugas dan fungsi guru PAUD dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Bab III fokus pada pengembangan kreativitas di PAUD, dengan penekanan pada metode seperti bercerita sebagai sarana untuk meningkatkan kreativitas anak. Buku ini juga menyajikan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) sebagai panduan praktis dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif dan menarik bagi anak. Selain itu, buku ini juga mencakup refleksi dan pengalaman nyata dari penulis dalam mengelola KB-PAUD Pelangi Kasih, Kabupaten Toba Samosir, yang menunjukkan pentingnya pengembangan kreativitas anak dalam proses belajar-mengajar. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis kebutuhan anak, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi semua pihak yang terlibat dalam pendidikan anak usia dini, khususnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan potensi anak secara optimal.
Jumlah Halaman | 80 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-248-359-0 |
eISBN |