Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya literasi dalam konteks pembangunan pendidikan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Melalui hasil survei yang menunjukkan peningkatan literasi, buku ini menggambarkan baik sisi positif maupun tantangan dalam meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi di Indonesia. Literasi dianggap sebagai indikator kualitas pendidikan, seperti contoh Finlandia yang memiliki peringkat literasi tertinggi dan kualitas pendidikan terbaik. Di Indonesia, upaya peningkatan literasi dilakukan melalui berbagai program, seperti program pengiriman buku gratis oleh Duta Baca Indonesia, gerakan literasi sekolah, serta inisiatif daerah seperti GPMB dan street library di Bandung. Selain itu, buku ini juga menyentuh peran teknologi dalam mendukung literasi, terutama di era digital. Ketersediaan smartphone dan e-book menjadi alat penting untuk meningkatkan akses bacaan, karena kemudahan akses dan kenyamanan membaca di media digital. Buku ini juga menyoroti upaya-upaya dalam menyediakan bahan bacaan yang didesain khusus untuk smartphone, seperti e-book yang tersedia dalam berbagai kategori, termasuk kesehatan, pendidikan, budaya, dan hiburan. Dengan menggabungkan upaya pemerintah, organisasi, dan masyarakat, buku ini menegaskan bahwa meningkatkan literasi adalah kunci untuk membangun masyarakat yang lebih berdaya, berpikir kritis, dan terbuka terhadap pengetahuan. Buku ini juga menyoroti pentingnya perlindungan hak cipta dalam distribusi dan penggunaan karya tulis, sebagai bagian dari upaya menjaga kualitas dan keaslian karya-karya yang berkontribusi pada peningkatan literasi.
KEHADIRAN anak memang dambaan tiap keluarga Tapi kalau anak itu hanya perempuan atau lelaki saja ini yang membuat banyak pasangan suamiistri menabrak program KB karena merasa anak mereka belum komplet
Jumlah Halaman | 31 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-05-0994-0 |