Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis yang dirancang khusus untuk para pendidik, terutama guru, dalam upaya mengembangkan diri menjadi profesional melalui kegiatan penelitian. Dalam buku ini, penulis, Muhammad Fajri, S.Pd., menjelaskan dengan jelas bagaimana proses penelitian tindakan kelas (PTK) dapat menjadi bagian integral dari tugas pokok seorang pendidik. PTK tidak hanya merupakan aktivitas akademik, tetapi juga alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan memperkuat profesionalisme guru. Buku ini menjawab tantangan yang sering dihadapi oleh banyak guru, yaitu sulitnya membiasakan diri melakukan penelitian sebagai bagian dari rutinitas kegiatan belajar mengajar. Penulis memandang bahwa penelitian bukanlah hal yang rumit, melainkan proses yang bisa dilakukan secara sederhana dan terstruktur. Dengan memahami karakteristik dan kekhasan dari PTK, guru dapat mengaplikasikan model penelitian ini dalam lingkungan kelasnya guna memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kinerja sebagai pendidik. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pentingnya penelitian dalam konteks pendidikan, baik sebagai upaya pengembangan diri maupun sebagai sarana untuk memberikan umpan balik yang bermanfaat terhadap proses pembelajaran. Penulis berharap buku ini dapat menjadi sumber semangat dan inspirasi bagi para pendidik, khususnya guru, dalam mengembangkan kebiasaan meneliti sebagai bagian dari komitmen untuk menjadi profesional dalam menjalankan tugasnya di satuan pendidikan.
Mengembangkan penelitian berbasis PTK bagi seorang guru belum menjadi sebuah habit saat ini Oleh karenanya perlu adanya upaya dari instansi terkait agar guru menyadari hal tersebut sebagai upaya perbaikan pembelajaran di kelas dan juga upaya profesionalisme dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik di satuan pendidikan Hal lain yang perlu menjadi sebuah perhatian bahwa profesi guru merupakan jabatan profesional yang tidak sembarangan orang dapat menduduki peran dan posisi sebagai seorang guru di satuan pendidikan Salah satu konsekuensi yang harus dijalankan seorang profesional adalah melakukan rangkaian penelitian untuk menunjang pekerjaan profesional yang dijalaninya Menjadi seorang guru yang berdedikasi tentu tidak semudah yang diucapkan Menjadi guru yang berdedikasi perlu adanya konsistensi dalam menjalankan tugas dan upaya peningkatan kapasitas dan kapabilitas dalam rangka menjalankan tugas tersebut Tugas tugas profesional yang mampu mengantarkan capaian pendidikan yang bermutu dan berkualitas melalui proses pembelajaran yang diciptakan Bukan perkara mudah pula untuk mencapainya dibutuhkan banyak usaha dalam mewujudkannya Salah satunya dengan adanya guru guru yang berdedikasi dalam upaya memperbaiki segala kapasitas dan kapabilitasnya melalui rangkaian riset berbasis PTK yang dilakukannya sebagai upaya perbaikan peningkatan dan optimalisasi pembelajaran di kelasnya Melaksanakan sebuah rangkaian penelitian berbasis PTK adalah sebuah keniscayaan bagi seorang guru Tidak ada alasan menghindar dalam mengembangkan dan melaksanakan PTK bagi seorang guru sebagai upaya menjadi guru profesional Usaha yang perlu diiringi dengan ketekunan dan keseriusan bagi seorang guru untuk menjadi seorang profesional yang sebenarnya Adanya buku ini akan membuka wawasan dan pemahaman guru sebagai pendidik Di samping tugas kesehariannya sebagai pendidik guru juga memiliki kewajiban dalam rangka pencapaian profesionalisme yang harus selalu terjaga Salah satu usaha yang dilakukannya yaitu dengan melakukan rangkaian proses penelitian sesuai tugas yang diembannya Salah satu usaha yang dapat dilakukan melalui pelaksanaan proses penelitian tindakan kelas tentunya Karakteristik dan kekhasan dari PTK yang tidak dapat dikesampingkan lagi bahwa satu satunya profesi yang cocok melakukan model penelitian ini adalah guru dan dosen tentunya Terlebih guru yang memang memiliki ruang lingkup dan gerak di kelasnya dalam membelajarkan siswanya
Jumlah Halaman | 206 |
---|---|
Kategori | Metodologi Penelitian |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-475-839-4 |
eISBN | 978-602-475-897-4 |