Pendidikan pada hakikatnya adalah upaya untuk melakukan perubahan pada individu yang pada gilirannya diharapkan mengubah masyarakat ke arah yang lebih baik Karena pendidikan dapat mengubah seseorang maka Driyarkara 1955 menyebut pendidikan sebagai perbuatan fundamental Di dalam situasi yang terus berubah satu hal yang tidak berubah adalah fokus atau subjek pokok pendidikan yaitu murid Semua upaya dan sumber daya diarahkan demi berkembangnya murid Buku ini mencoba menempatkan berbagai gagasan hanya demi kemajuan para murid Buku ini terdiri atas empat bagian yaitu BAGIAN I Pendidikan Generasi Milenial BAGIAN II Pembelajaran yang Mencerdaskan BAGIAN III Pendidikan Karakter dan BAGIAN IV Guru Semoga gagasan gagasan yang disajikan di dalam buku ini memicu diskusi diskusi agar proses belajar di kalangan para pendidik terus berlangsung sehingga ditemukan model model dan cara cara pendidikan yang tanggap zaman demi perkembangan para murid secara optimal Pendidikan pada hakikatnya adalah upaya untuk melakukan perubahan pada individu yang pada gilirannya diharapkan mengubah masyarakat ke arah yang lebih baik Karena pendidikan dapat mengubah seseorang maka Driyarkara 1955 menyebut pendidikan sebagai perbuatan fundamental Di dalam situasi yang terus berubah satu hal yang tidak berubah adalah fokus atau subjek pokok pendidikan ...yaitu murid Semua upaya dan sumber daya diarahkan demi berkembangnya murid Buku ini mencoba menempatkan berbagai gagasan hanya demi kemajuan para murid Buku ini terdiri atas empat bagian yaitu BAGIAN I Pendidikan Generasi Milenial BAGIAN II Pembelajaran yang Mencerdaskan BAGIAN III Pendidikan Karakter dan BAGIAN IV Guru Semoga gagasan gagasan yang disajikan di dalam buku ini memicu diskusi diskusi agar proses belajar di kalangan para pendidik terus berlangsung sehingga ditemukan model model dan cara cara pendidikan yang tanggap zaman demi perkembangan para murid secara optimal