Logo Bacabuku
Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual

Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang desain model pembelajaran yang inovatif, progresif, dan kontekstual, dengan fokus pada implementasinya dalam Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Buku ini merupakan revisi dari buku sebelumnya yang berjudul *Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)*, dan telah disesuaikan dengan perubahan kurikulum yang baru, yaitu Kurikulum 2013. Buku ini menjelaskan konsep, landasan teori, dan cara penerapan model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual yang relevan dengan empat standar nasional pendidikan yang diubah dalam Kurikulum 2013, yaitu Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (SI), Standar Proses, dan Standar Penilaian. Penulis menjelaskan urgensi pengembangan model pembelajaran yang mampu mendukung proses belajar mengajar yang lebih efektif, efisien, dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik dalam konteks yang relevan. Buku ini ditujukan untuk para pendidik (guru dan dosen), tenaga kependidikan, narasumber, tutor, instruktur, fasilitator pendidikan dan pelatihan guru, serta calon pendidik dan mahasiswa baik yang berkecimpung di bidang kependidikan maupun non-kependidikan. Penulis berharap buku ini dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan.

Sinopsis ebook

Sesuai dengan amanat Kurikulum Berbasis Kompetensi KBK yang telah diimplementasikan melalui Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP bahwa guru sebagai agen pembelajar harus mampu menyajikan proses pembelajaran secara kontekstual dengan melibatkan langsung peran serta peserta didik secara aktif student centre Sebaik apa pun substansi materi ajar tetapi jika guru tidak mampu mengemas secara apik dalam penyampaiannya maka substansi tersebut tidak akan sampai kepada peserta didik Dan bahkan bisa jadi peserta didik menjadi jenuh bosan dan kurang memiliki responsibilitas dan antusiasme dalam proses pembelajaran Untuk itulah guru harus mampu meramu pembelajarannya menjadi menarik efektif inovatif dan sehingga mampu mendorong aktivitas dan kreativitas peserta didik

Detail Buku

Jumlah Halaman 314
Kategori Pendidikan
Penerbit Kencana
Tahun Terbit 2017
ISBN 978-602-1186-05-3
eISBN 978-623-218-122-9
Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual

Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany