Sinopsis Buku: Buku *Mencetak Ilmuwan Cilik, Kupas Tuntas Pembelajaran Sains* ini merupakan panduan komprehensif dalam merancang dan menerapkan pembelajaran sains yang kreatif, efektif, dan berbasis saintifik di jenjang sekolah dasar. Buku ini bertujuan untuk membantu para guru dan pendidik dalam mengaktifkan proses belajar mengajar, sehingga peserta didik dapat berkembang menjadi ilmuwan cilik yang mampu berpikir kritis, kreatif, dan berani mengeksplorasi ilmu pengetahuan secara ilmiah. Buku ini mengacu pada Peraturan Menteri Nomor 41 Tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 yang menekankan pentingnya proses pembelajaran yang melibatkan unsur eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Buku ini menjelaskan konsep-konsep sains yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar, serta memandu guru dalam merancang kegiatan pembelajaran yang dapat membangun pengetahuan awal peserta didik menjadi pengetahuan yang lebih mendalam. Setiap bab dalam buku ini dilengkapi dengan teori, konsep, dan kegiatan pembelajaran yang dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Buku ini juga memperkenalkan berbagai model pembelajaran inovatif seperti *problem-based learning*, *project-based learning*, *inquiry*, dan *discovery learning*, yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi peserta didik dalam proses belajar. Dengan pendekatan yang terstruktur dan praktis, *Mencetak Ilmuwan Cilik, Kupas Tuntas Pembelajaran Sains* ini menjadi sumber referensi yang relevan dan bermanfaat bagi guru, pendidik, dan pemerhati pendidikan yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran sains di tingkat dasar.
Sinopsis Buku: Buku *Mencetak Ilmuwan Cilik, Kupas Tuntas Pembelajaran Sains* ini merupakan panduan komprehensif dalam merancang dan menerapkan pembelajaran sains yang kreatif, efektif, dan berbasis saintifik di jenjang sekolah dasar. Buku ini bertujuan untuk membantu para guru dan pendidik dalam mengaktifkan proses belajar mengajar, sehingga peserta didik dapat berkembang menjadi ilmuwan cilik yang mampu berpikir kritis, kreatif, dan berani mengeksplorasi ilmu pengetahuan secara ilmiah. Buku ini mengacu pada Peraturan Menteri Nomor 41 Tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 yang menekankan pentingnya proses pembelajaran yang melibatkan unsur eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Buku ini menjelaskan konsep-konsep sains yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar, serta memandu guru dalam merancang kegiatan pembelajaran yang dapat membangun pengetahuan awal peserta didik menjadi pengetahuan yang lebih mendalam. Setiap bab dalam buku ini dilengkapi dengan teori, konsep, dan kegiatan pembelajaran yang dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Buku ini juga memperkenalkan berbagai model pembelajaran inovatif seperti *problem-based learning*, *project-based learning*, *inquiry*, dan *discovery learning*, yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi peserta didik dalam proses belajar. Dengan pendekatan yang terstruktur dan praktis, *Mencetak Ilmuwan Cilik, Kupas Tuntas Pembelajaran Sains* ini menjadi sumber referensi yang relevan dan bermanfaat bagi guru, pendidik, dan pemerhati pendidikan yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran sains di tingkat dasar.
Jumlah Halaman | 76 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-478-303-7 |
eISBN |