Karakter sebagai cara berpikir dan berperilaku seseorang dalam kehidupannya Karakter mencerminkan potret diri dalam berkehidupan pribadi bermasyarakat berbangsa bernegara dan beragama Pendidikan karakter menjadi kunci sangat penting dalam membentuk kepribadian seseorang dan pembangunan karakter bangsa Indonesia yang menjadi cita cita luhur dapat diwujudkan melalui pendidikan Pendidikan karakter harus dibiasakan di sekolah selain di rumah dan lingkungan masyarakat Pendidikan karakter mengembangkan kebiasaan dan perilaku terpuji sejalan dengan nilai nilai universal dan tradisi budaya serta karakter bangsa menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab mengembangkan kemampuan peserta didik menjadi manusia mandiri kreatif dan berwawasan kebangsaan Pendidikan karakter berupaya mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman jujur penuh kreativitas dan persahabatan serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi Penguatan karakter peserta didik menjadi bekal mereka dalam menghadapi berbagai tantangan dan isu isu di lingkungan sosialnya Dengan karakter yang baik diharapkan mereka mampu meningkatkan dan menerapkan nilai nilai moral dan akhlak mulia dalam kehidupan sehari hari mampu membuat pilihan perilaku yang baik secara bertanggung jawab dan menjadi warga negara yang baik Berkarakter yang baik selain berkontribusi bagi perkembangan aspek sosial emosional peserta didik juga berpengaruh terhadap aspek kognitif peserta didik Luther King Intelligence plus character that is the goal of true education Karakter sebagai cara berpikir dan berperilaku seseorang dalam kehidupannya Karakter mencerminkan potret diri dalam berkehidupan pribadi bermasyarakat berbangsa bernegara dan beragama Pendidikan karakter menjadi kunci sangat penting dalam membentuk kepribadian seseorang dan pembangunan karakter bangsa Indonesia yang menjadi cita cita luhur dapat diwujudkan melalui pendidikan Pendidikan karakter harus dibiasakan di sekolah ...selain di rumah dan lingkungan masyarakat Pendidikan karakter mengembangkan kebiasaan dan perilaku terpuji sejalan dengan nilai nilai universal dan tradisi budaya serta karakter bangsa menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab mengembangkan kemampuan peserta didik menjadi manusia mandiri kreatif dan berwawasan kebangsaan Pendidikan karakter berupaya mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman jujur penuh kreativitas dan persahabatan serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi Penguatan karakter peserta didik menjadi bekal mereka dalam menghadapi berbagai tantangan dan isu isu di lingkungan sosialnya Dengan karakter yang baik diharapkan mereka mampu meningkatkan dan menerapkan nilai nilai moral dan akhlak mulia dalam kehidupan sehari hari mampu membuat pilihan perilaku yang baik secara bertanggung jawab dan menjadi warga negara yang baik Berkarakter yang baik selain berkontribusi bagi perkembangan aspek sosial emosional peserta didik juga berpengaruh terhadap aspek kognitif peserta didik Luther King Intelligence plus character that is the goal of true education