Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya membumikan literasi di lingkungan Sekolah Dasar, khususnya melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Literasi dalam konteks ini tidak hanya terbatas pada kemampuan baca dan tulis, tetapi juga mencakup kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, dan berperilaku secara etis dalam berbagai aspek kehidupan. Buku ini menjelaskan secara rinci tentang konsep, latar belakang, dan landasan filosofi serta hukum dari GLS, serta strategi yang dapat dilakukan untuk mewujudkan ekosistem sekolah yang literat. Selain itu, buku ini juga memaparkan berbagai kegiatan dan inisiatif yang dapat dilaksanakan di lingkungan sekolah untuk meningkatkan literasi, seperti pembiasaan membaca, penggunaan sarana dan prasarana pendukung, serta pengembangan multiliterasi. Buku ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara seluruh warga sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan literasi siswa. Dengan pendekatan yang sistematis, terencana, dan terprogram, buku ini memberikan panduan praktis dan inspiratif bagi guru, murid, dan seluruh warga sekolah dalam membumikan literasi di Sekolah Dasar.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya membumikan literasi di lingkungan Sekolah Dasar, khususnya melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Literasi dalam konteks ini tidak hanya terbatas pada kemampuan baca dan tulis, tetapi juga mencakup kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, dan berperilaku secara etis dalam berbagai aspek kehidupan. Buku ini menjelaskan secara rinci tentang konsep, latar belakang, dan landasan filosofi serta hukum dari GLS, serta strategi yang dapat dilakukan untuk mewujudkan ekosistem sekolah yang literat. Selain itu, buku ini juga memaparkan berbagai kegiatan dan inisiatif yang dapat dilaksanakan di lingkungan sekolah untuk meningkatkan literasi, seperti pembiasaan membaca, penggunaan sarana dan prasarana pendukung, serta pengembangan multiliterasi. Buku ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara seluruh warga sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan literasi siswa. Dengan pendekatan yang sistematis, terencana, dan terprogram, buku ini memberikan panduan praktis dan inspiratif bagi guru, murid, dan seluruh warga sekolah dalam membumikan literasi di Sekolah Dasar.
Jumlah Halaman | 78 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-217-091-9 |
eISBN |