Sinopsis Buku: Buku ini mengupas secara mendalam tentang pentingnya pendidikan karakter dalam konteks pendidikan modern, terutama di tengah arus globalisasi yang semakin mengubah nilai-nilai sosial dan moral masyarakat. Buku ini menyajikan berbagai aspek kunci dalam membentuk karakter peserta didik, seperti pendidikan budi pekerti, penumbuhan suasana religius dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), serta optimalisasi pendidikan Ramadan sebagai sarana pengembangan akhlak dan keimanan. Selain itu, buku ini juga membahas peran penting salat sebagai sarana pendidikan dan pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang ramah dan inklusif bagi semua peserta didik. Buku ini juga menyoroti pentingnya pendidikan tanpa kekerasan, dengan menekankan upaya untuk keluar dari krisis budaya bangsa melalui pendekatan pendidikan yang lebih humanis dan berbasis nilai. Selain itu, buku ini menjelaskan peran kunci kepala sekolah dalam membangun lingkungan sekolah yang efektif dan kepemimpinan situasional yang mampu menghadapi berbagai tantangan pendidikan. Di bagian terakhir, buku ini menjelaskan peran guru sebagai arsitek peradaban, dengan menekankan kualitas dan kinerja profesional guru, serta pilar-pilar kesuksesan dalam menjalankan tugas pendidikan. Buku ini juga menghadirkan konsep "The Golden Teacher" sebagai gambaran tentang guru yang mampu membentuk karakter peserta didik secara optimal. Dengan menggabungkan prinsip-prinsip pendidikan karakter yang diinspirasi dari ajaran Nabi Muhammad SAW, buku ini menjadi panduan yang relevan dan bermakna bagi pendidik, kepala sekolah, dan seluruh pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan. Buku ini layak menjadi tambahan khazanah pendidikan yang bermakna dan berbobot.
Sinopsis Buku: Buku ini mengupas secara mendalam tentang pentingnya pendidikan karakter dalam konteks pendidikan modern, terutama di tengah arus globalisasi yang semakin mengubah nilai-nilai sosial dan moral masyarakat. Buku ini menyajikan berbagai aspek kunci dalam membentuk karakter peserta didik, seperti pendidikan budi pekerti, penumbuhan suasana religius dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), serta optimalisasi pendidikan Ramadan sebagai sarana pengembangan akhlak dan keimanan. Selain itu, buku ini juga membahas peran penting salat sebagai sarana pendidikan dan pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang ramah dan inklusif bagi semua peserta didik. Buku ini juga menyoroti pentingnya pendidikan tanpa kekerasan, dengan menekankan upaya untuk keluar dari krisis budaya bangsa melalui pendekatan pendidikan yang lebih humanis dan berbasis nilai. Selain itu, buku ini menjelaskan peran kunci kepala sekolah dalam membangun lingkungan sekolah yang efektif dan kepemimpinan situasional yang mampu menghadapi berbagai tantangan pendidikan. Di bagian terakhir, buku ini menjelaskan peran guru sebagai arsitek peradaban, dengan menekankan kualitas dan kinerja profesional guru, serta pilar-pilar kesuksesan dalam menjalankan tugas pendidikan. Buku ini juga menghadirkan konsep \"The Golden Teacher\" sebagai gambaran tentang guru yang mampu membentuk karakter peserta didik secara optimal. Dengan menggabungkan prinsip-prinsip pendidikan karakter yang diinspirasi dari ajaran Nabi Muhammad SAW, buku ini menjadi panduan yang relevan dan bermakna bagi pendidik, kepala sekolah, dan seluruh pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan. Buku ini layak menjadi tambahan khazanah pendidikan yang bermakna dan berbobot.
Jumlah Halaman | 141 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Rosda |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-602-446-567-4 |
eISBN | 978-602-446-584-1 |