Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang keterampilan menulis dan membaca kritis, yang merupakan dua aspek yang saling melengkapi dalam proses belajar berpikir kritis. Buku ini terstruktur dalam beberapa bab yang menjelaskan hakikat, tahapan, penerapan, serta perlatihan dalam membaca dan menulis kritis, khususnya pada artikel populer dan artikel ilmiah. Di Bab II, dibahas tentang hakikat berpikir kritis, tata cara mengembangkan berpikir kritis, serta manfaat dari berpikir kritis. Bab III menjelaskan hakikat membaca kritis, tahapan membaca kritis, serta penerapan dan perlatihan membaca kritis pada artikel populer. Bab IV memperkenalkan hakikat menulis kritis, tahapan menulis kritis, serta penerapan dan perlatihan menulis kritis pada artikel populer. Selanjutnya, dalam Bab V dan VI, buku ini fokus pada membaca dan menulis kritis pada artikel ilmiah populer dan artikel ilmiah secara umum. Bab V menjelaskan pengertian dan ciri artikel ilmiah populer, serta penerapan dan perlatihan membaca dan menulis kritis pada jenis artikel tersebut. Bab VI memperdalam pembahasan tentang artikel ilmiah, termasuk pengertian, ciri, serta penerapan dan perlatihan membaca dan menulis kritis yang lebih kompleks. Buku ini dirancang untuk membantu pembaca dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui latihan membaca dan menulis kritis, baik dalam konteks artikel populer maupun artikel ilmiah. Dengan memahami dan menerapkan konsep-konsep yang disajikan, pembaca diharapkan dapat mengembangkan keterampilan berbahasa sekaligus kemampuan berpikir yang lebih matang dan kritis.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang keterampilan menulis dan membaca kritis, yang merupakan dua aspek yang saling melengkapi dalam proses belajar berpikir kritis. Buku ini terstruktur dalam beberapa bab yang menjelaskan hakikat, tahapan, penerapan, serta perlatihan dalam membaca dan menulis kritis, khususnya pada artikel populer dan artikel ilmiah. Di Bab II, dibahas tentang hakikat berpikir kritis, tata cara mengembangkan berpikir kritis, serta manfaat dari berpikir kritis. Bab III menjelaskan hakikat membaca kritis, tahapan membaca kritis, serta penerapan dan perlatihan membaca kritis pada artikel populer. Bab IV memperkenalkan hakikat menulis kritis, tahapan menulis kritis, serta penerapan dan perlatihan menulis kritis pada artikel populer. Selanjutnya, dalam Bab V dan VI, buku ini fokus pada membaca dan menulis kritis pada artikel ilmiah populer dan artikel ilmiah secara umum. Bab V menjelaskan pengertian dan ciri artikel ilmiah populer, serta penerapan dan perlatihan membaca dan menulis kritis pada jenis artikel tersebut. Bab VI memperdalam pembahasan tentang artikel ilmiah, termasuk pengertian, ciri, serta penerapan dan perlatihan membaca dan menulis kritis yang lebih kompleks. Buku ini dirancang untuk membantu pembaca dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui latihan membaca dan menulis kritis, baik dalam konteks artikel populer maupun artikel ilmiah. Dengan memahami dan menerapkan konsep-konsep yang disajikan, pembaca diharapkan dapat mengembangkan keterampilan berbahasa sekaligus kemampuan berpikir yang lebih matang dan kritis.
Jumlah Halaman | 138 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-6931-41-2 |
eISBN |