Di dalam menggambarkan dunia fiksi pengarang mau tidak mau melakukan kegiatan kreatif Bagaimanapun juga fiksi yang dihasilkan pengarang mendekati aspek aspek kenyataan tertentu walaupun seluruh isinya adalah rekaan Oleh sebab itu kenyataan dari rekaan di dalam fiksi tidak terpisahkan secara mutlak karena keduanya saling mendukung membentuk keutuhan cerita Pada karya sastra yang secara sengaja dikhususkan untuk pembaca anak anak kegiatan kreatif pengarang menjadi lebih rumit Di samping sejak awal penciptaan sudah harus mempersiapkan agar karyanya dapat dibaca pembaca anak pengarang juga memikirkan hubungan antara fakta dan rekaan sebagai bahan utama fiksi itu menjadi layak konsumsi dan menyehatkan perkembangan intelektual anak Persoalan penyediaan teks sastra anak yang memenuhi kriteria merupakan suatu persoalan Hal berikutnya adalah pengkajian terhadap substansi sastra anak juga merupakan persoalan tentang sulitnya mencari referensi yang berkaitan dengan sastra anak Di dalam menggambarkan dunia fiksi pengarang mau tidak mau melakukan kegiatan kreatif Bagaimanapun juga fiksi yang dihasilkan pengarang mendekati aspek aspek kenyataan tertentu walaupun seluruh isinya adalah rekaan Oleh sebab itu kenyataan dari rekaan di dalam fiksi tidak terpisahkan secara mutlak karena keduanya saling mendukung membentuk keutuhan cerita Pada karya sastra ...yang secara sengaja dikhususkan untuk pembaca anak anak kegiatan kreatif pengarang menjadi lebih rumit Di samping sejak awal penciptaan sudah harus mempersiapkan agar karyanya dapat dibaca pembaca anak pengarang juga memikirkan hubungan antara fakta dan rekaan sebagai bahan utama fiksi itu menjadi layak konsumsi dan menyehatkan perkembangan intelektual anak Persoalan penyediaan teks sastra anak yang memenuhi kriteria merupakan suatu persoalan Hal berikutnya adalah pengkajian terhadap substansi sastra anak juga merupakan persoalan tentang sulitnya mencari referensi yang berkaitan dengan sastra anak