Sinopsis Buku: Buku ini membahas upaya-upaya yang sedang dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan literasi di Indonesia, dengan fokus pada peran teknologi dan inisiatif-inisiatif komunitas serta pemerintah. Dalam era di mana penggunaan smartphone semakin dominan, buku ini menjelaskan bagaimana akses ke bahan bacaan digital dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan literasi masyarakat. Di sini disebutkan bahwa jumlah pengguna smartphone di Indonesia terus meningkat, dengan prediksi mencapai 250 juta pada akhir 2021, sehingga mempercepat akses ke bahan bacaan digital. Buku ini juga mengupas peran penting dari berbagai program seperti gerakan literasi sekolah, program pengiriman buku gratis, dan inisiatif seperti GPMB dan street library yang berjalan di berbagai daerah. Selain itu, disebutkan bahwa Pusat Data dan Analisa TEMPO sedang berupaya menyediakan e-book yang didesain khusus untuk smartphone, agar lebih mudah dan menarik dibaca. Tidak hanya itu, buku ini juga menyebutkan pentingnya ketersediaan perpustakaan, koran, dan akses ke komputer sebagai indikator literasi, serta bagaimana peran telepon genggam dalam mengakses bahan bacaan digital. Dalam konteks ini, pemerintah dan berbagai pihak yang terlibat diharapkan dapat merespons hasil survei literasi dengan baik, baik sebagai bad news maupun good news, tergantung pada langkah-langkah yang diambil. Selain itu, buku ini juga menyebutkan pentingnya perlindungan hak cipta dalam konteks pengembangan bahan bacaan digital, seperti yang diatur dalam Undang-Undang Hak Cipta. Dengan demikian, buku ini merupakan kumpulan gagasan, data, dan strategi untuk meningkatkan minat baca dan literasi di Indonesia, melalui pendekatan digital dan kolaborasi antar lembaga serta masyarakat.
Hari Bumi pada 22 april 1990 diperingati di Yogyakarta dengan bermacammacam acara Tidak merokok dan tidak menumpang kendaraan bermotor Indonesia dikritik karena dianggap Membabat hutan tropisnya
Jumlah Halaman | 42 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-05-0695-6 |