Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan penerapan *Discovery Learning* dalam proses pembelajaran, yang merupakan pendekatan pembelajaran berbasis eksplorasi dan penemuan. Buku ini menjelaskan secara rinci tentang pengertian *Discovery Learning*, ranah hasil belajar, serta faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar. Selain itu, buku ini juga membahas fungsi dan tujuan penilaian hasil belajar, serta strategi pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Dalam bab III, buku ini menjelaskan tentang pengertian strategi pembelajaran dan bagaimana strategi tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. Buku ini juga menekankan pentingnya keterlibatan siswa dalam proses belajar, sebab hasil belajar tidak hanya bergantung pada guru, tetapi juga pada kesiapan dan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran. Selain itu, buku ini menjelaskan tentang pentingnya keterampilan menulis dalam dunia pendidikan, sebagai bagian dari pengembangan kemampuan intelektual dan kreativitas siswa. Buku ini juga menyoroti peran penting budaya menulis dalam mengembangkan generasi yang cerdas dan kreatif. Dengan melatih kemampuan menulis secara konsisten, siswa dapat meningkatkan hasil belajar mereka sekaligus berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan dan kebudayaan bangsa. Buku ini merupakan referensi yang bermanfaat bagi para guru, calon guru, dan pembaca yang ingin memahami lebih dalam tentang pendekatan pembelajaran *Discovery Learning* dan peran menulis dalam proses belajar-mengajar.
Discovery learning merupakan salah satu strategi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik Strategi pembelajaran ini yang digunakan di Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka Discovery learning mengutamakan keaktifan peserta didik untuk memperoleh pengetahuan Peserta didik terlibat langsung dalam memahami dan mengonstruksi sendiri konsep atau pengetahuan yang diperolehnya sehingga pengetahuan yang diperoleh akan lebih lama dingat oleh peserta didik Keberhasilan dari penerapan discovery learning akan meningkat jika peserta didik juga menggunakan modul pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar Untuk itu guru juga harus mampu merancang sendiri modul pembelajaran sesuai kebutuhan sekolah dan peserta didik Hasil pembelajaran dengan penerapan discovery learning pada siswa akan berbeda beda tergantung dari tingkat kecerdasan siswa Maka guru juga harus mempunyai data tentang tingkat kecerdasan siswa Dengan membaca buku ini guru akan terbantu dalam menerapkan discovery learning di kelas
Jumlah Halaman | 82 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2023 |
ISBN | 978-623-383-784-2 |
eISBN | proses |