Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pemanfaatan barang sisa bangunan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penulis, Zaenal Arifin, S.Pd., M.Pd., menggambarkan bagaimana sampah sisa bangunan seperti bekas besi cor, paku bekas, dan kabel bekas dapat dimanfaatkan sebagai alat perangsang dalam proses belajar mengajar. Buku ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara mandiri oleh penulis, berjudul “Penggunaan Media Perangsang (Pemanfaatan Barang Sisa Bangunan) Dan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kemagnetan dan Partisipasi Belajar Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 2 Kroya Cilacap Tahun Pelajaran 2016/2017”. Dalam buku ini, penulis menjelaskan konsep belajar, hasil belajar, dan partisipasi belajar, serta berbagai metode pembelajaran, khususnya metode eksperimen. Penulis juga memberikan penjelasan rinci tentang definisi dan manfaat media pembelajaran, serta jenis-jenis media yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA. Selain itu, buku ini menyajikan langkah-langkah dan contoh penerapan media perangsang dalam pembelajaran IPA, terutama pada topik Kemagnetan. Buku ini ditulis dengan tujuan untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagi para guru dalam melakukan inovasi dalam pembelajaran di kelas, khususnya dalam meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa dalam pelajaran IPA. Penulis berharap buku ini dapat menjadi acuan dan sumber referensi bagi para pendidik dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih kreatif dan relevan dengan konteks lokal.
Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas berjudul Penggunaan Media Perangsang Pemanfaatan Barang Sisa Bangunan Dan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kemagnetan dan Partisipasi Belajar Siswa Kelas IX A SMP Negeri 2 Kroya Cilacap Tahun Pelajaran 2016 2017 yang dilakukan secara mandiri oleh penulis Pada buku ini diuraikan mengenai pengertian belajar hasil belajar dan partisipasi belajar serta pengertian metode pembelajaran Dan tentu saja diuraikan secara lengkap tentang media pembelajaran media perangsang dan langkah langkah serta contoh penerapan media perangsang dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di SMP
Jumlah Halaman | 110 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-7943-03-7 |
eISBN |