Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil kolaborasi riset dari Program Studi Sistem Informasi, Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan. Buku ini disusun sebagai salah satu syarat penyelesaian riset yang berfokus pada pengembangan media pembelajaran berbasis gamification. Buku ini mencakup berbagai aspek teknis dan konseptual terkait pengembangan sistem pembelajaran interaktif yang mengintegrasikan elemen-elemen permainan untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar peserta didik. Buku ini menjelaskan berbagai konsep dasar pengembangan media pembelajaran, termasuk metode pengembangan seperti Waterfall, serta penerapan model MVC (Model-View-Controller) dalam pengembangan sistem menggunakan framework Laravel. Selain itu, buku ini juga menyajikan diagram-digram yang mendukung pengembangan sistem, seperti Usecase Diagram, Class Diagram, dan Statechart Diagram, yang digunakan untuk merancang dan mengimplementasikan fitur-fitur utama sistem, seperti pembuatan kelas, challenge, reward, dan leader board. Buku ini juga memperkenalkan berbagai elemen game yang dapat diintegrasikan dalam media pembelajaran, seperti poin, level, dan leaderboard, serta menjelaskan bagaimana elemen-elemen tersebut dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran untuk meningkatkan pengalaman belajar. Dengan penyajian yang terstruktur dan mendetail, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pengembang sistem, pendidik, dan mahasiswa yang tertarik pada pengembangan media pembelajaran berbasis gamification.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil kolaborasi riset dari Program Studi Sistem Informasi, Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan. Buku ini disusun sebagai salah satu syarat penyelesaian riset yang berfokus pada pengembangan media pembelajaran berbasis gamification. Buku ini mencakup berbagai aspek teknis dan konseptual terkait pengembangan sistem pembelajaran interaktif yang mengintegrasikan elemen-elemen permainan untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar peserta didik. Buku ini menjelaskan berbagai konsep dasar pengembangan media pembelajaran, termasuk metode pengembangan seperti Waterfall, serta penerapan model MVC (Model-View-Controller) dalam pengembangan sistem menggunakan framework Laravel. Selain itu, buku ini juga menyajikan diagram-digram yang mendukung pengembangan sistem, seperti Usecase Diagram, Class Diagram, dan Statechart Diagram, yang digunakan untuk merancang dan mengimplementasikan fitur-fitur utama sistem, seperti pembuatan kelas, challenge, reward, dan leader board. Buku ini juga memperkenalkan berbagai elemen game yang dapat diintegrasikan dalam media pembelajaran, seperti poin, level, dan leaderboard, serta menjelaskan bagaimana elemen-elemen tersebut dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran untuk meningkatkan pengalaman belajar. Dengan penyajian yang terstruktur dan mendetail, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pengembang sistem, pendidik, dan mahasiswa yang tertarik pada pengembangan media pembelajaran berbasis gamification.
Jumlah Halaman | 61 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-462-580-1 |
eISBN |