Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Media Pembelajaran Berbasis ICT* yang merupakan bagian integral dari proses belajar mengajar modern. Dalam buku ini, penulis menjelaskan konsep media pembelajaran secara mendalam, termasuk pengertian, jenis, dan fungsi media dalam pendidikan. Media pembelajaran didefinisikan sebagai perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima, dan dibagi menjadi beberapa kategori dasar seperti teks, audio, visual, video, perekayasa, benda, serta orang. Selain itu, buku ini juga menjelaskan peran teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam pengembangan media pembelajaran. Dengan perkembangan IPTEK, penggunaan media semakin beragam, mulai dari yang bersifat visual, audio, hingga audiovisual, yang dapat diintegrasikan melalui *multimedia*. Buku ini memberikan panduan praktis tentang pemilihan dan pengembangan media pembelajaran berbasis komputer, serta memperkenalkan konsep *e-scaffolding* dan *e-assessment* sebagai contoh pemanfaatan ICT dalam proses pembelajaran. Buku ini sangat bermanfaat sebagai referensi bagi para pendidik dalam menyusun rencana program pembelajaran. Di akhir setiap bab disertakan contoh program *e-scaffolding* dan *e-assessment*, yang dapat digunakan baik di komputer maupun pada sistem *android*. Selain itu, buku ini juga membahas perangkat lunak, peranti grafis, serta fasilitas komputer yang dapat dimanfaatkan dalam ruang kelas untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan penyajian yang terstruktur dan jelas, buku ini menjadi panduan lengkap bagi guru dan pelaku pendidikan dalam memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran yang inovatif dan efektif.
Media pembelajaran merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar Baik secara langsung maupun tidak langsung Sejalan dengan perkembangan IPTEK penggunaan media mulai bergeser baik yang bersifat visual audio maupun audiovisual bisa dilakukan secara bersama dan serempak melalui satu alat yang disebut Multimedia Rangkaian buku teks ini berisi tentang media pembelajaran berbasis komputer dan pemanfaatanya Buku ini dapat digunakan sebagai referensi bagi para pendidik untuk menyusun rencana program pembelajaran Di akhir bab dalam buku ini disertakan program e scaffolding dan e asesmen sebagai contoh pemanfaatan ICT dalam media pembelajaran
Jumlah Halaman | 91 |
---|---|
Kategori | Teknik dan Arsitektur |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-6743-37-4 |
eISBN | proses |